Jenis Sambal yang Dibuat dari Buah-buahan, Pedas tapi Segar Sambal kaweni. (Foto: Instagra/lhrtn)

SAMBAL merupakan saus tradisional khas Indonesia. Seluruh daerah di Indonesia memiliki jenis sambalnya masing-masing sehingga sangat banyak jumlahnya.

Jenis sambal di daerah di antaranya di bedakan menurut bahan pembuatannya. Biasanya setiap daerah memiliki bumbu atau bahan sambal khas sesuai hasil buminya masing-masing.

Nah, di antaranya banyak sambal ada jenis yang dibuat dari bahan buah-buahn. Berikut merahputih.com sajikan 5 jenis sambal khas Indonesia yang dibuat dari buah-buahan;

1. Sambal Mangga

Sambal mangga. (Foto: Instagram/meihua70)
Sambal mangga. (Foto: Instagram@meihua70)

Sambal mangga menjadi sambal buah paling populer. Sambal mangga terasa sangat segar pedas-asam dengan campuran bahan lain seperti cabai keriting, cabai merah, terasi, garam, dan gula merah.

2. Sambal Nanas

Sambal nanas. (Foto: Instagram/ummahhaaqa95)
Sambal nanas. (Foto: Instagram@ummahhaaqa95)

Sambal nanas merupakan sambal khas dari Palembang yang ditumis. Sambal nanas yang disebut juga sambal asap pedas dicampur dengan bahan lain bawang merah dan putih, cabai keriting dan rawit, dan garam.

3. Sambal Gandaria

Sambal gandaria. (Foto: Instagram/mettydjoenaedy)
Sambal gandaria. (Foto: Instagram@mettydjoenaedy)

Sambal gandaria atau jatake bercitarasa sangat asam. Jatake muda jadi bahan utama dicampur dengan bahan lain termasuk bawang merah dan terasi.

4. Sambal Kaweni

Sambal kweni. (Foto: Instagram/inaonik)
Sambal kweni. (Foto: Instagram/@naonik)

Sambal kaweni/kweni hampir sama dengan sambal mangga karena berbahan buah sejenis. Sama seperti mangga, bahan kaweni diiris tipis sebesar korek dengan campuran bahan lain seperti bawang dan terasi bakar.

5. Sambal Asam Payang

Sambal asam payang. (Foto: Instagram/eze_gamas)

Sambal asam payang. (Foto: Instagram/@ze_gamas)

Asam payang (Mangifera) merupakan jenis mangga-manggaan endemik Kalimantan. Sambal asam payang yang berasal dari Kutai Kartanegara ini bercita rasa pedas, manis, asam, dan gurih. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jangan Cuma Beli, Yuk Coba Bikin Ayam Kremes Sendiri

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH