Jenis Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh di Nairobi Sama dengan Pesawat Lior Air JT-610 Peswat Ethiopian Airlines (Antaranews/REUTERS/Pool via Reuters TV)

Merahputih.com - Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi, Kenya jatuh pada Minggu (10/3) dini hari waktu setempat Pesawat itu membawa 149 penumpang dan delapan awak di dalamnya.

Pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu jatuh di dekat Kota Bishoftu, 62 kilometer tenggara Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa.

"Dipastikan bahwa (kecelakaan) terjadi pada pukul 08.44," kata seorang juru bicara Ethiopian Airlines yang tidak memberikan namanya dikutip Antara.

Evakuasi Pesawat Lion Air JT-610 (Twitter Basarnas)

Pesawat nahas itu berjenis Boeing 737-800 MAX dengan nomor pencatatan ET-AVJ. Pesawat hilang kontak 6 menit setelah lepas landas.

Namun, nomor model itu tidak tercatat keberadaannya dan berbagai laman penerbangan kemudian menyebut pesawat itu sebagai jenis 737 Max 8 baru.

Untuk diketahui, Boeing 737 Max 8 merupaka pesawat yang sama dengan pesawat yang jatuh di Indonesia pada Oktober 2018 dan menewaskan 189 orang.

Kala itu, Boeing 737 Max 8 digunakan maskapai Lion Air penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang. Pesawat itu jatuh setelah beberapa menit lepas landas. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH