Jenis Makanan untuk Penuhi Nutrisi saat Berpuasa Jangan lewatkan buah dan sayur dalam menu sahur maupun berbuka puasa Anda (Foto: Pixabay)

Tak terasa bulan suci Ramadan sudah masuk hari keenam, sudah lima hari Anda menjalankan ibadah puasa. Lalu, apakah Anda sudah mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama menjalankan ibadah berpuasa hingga hari ini?

Saat menjalankan ibadah berpuasa, Anda tetap wajib memperhatikan setiap asupan makanan yang Anda konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Nutrisi merupakan hal paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap tetap fit.

Pada dasarnya, semua manusia memerlukan asupan nutrisi 3-5 kali setiap harinya, tergantung seberapa sering Anda makan, di situlah tubuh akan mendapatkan nutrisi. Namun, karena sedang menjalankan puasa, maka asupan yang masuk ke dalam tubuh Anda pun otomatis berkurang. Saat berpuasa, seseorang hanya akan memenuhi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh 2-3 kali pada waktu sahur dan berbuka. Hal tersebut secara langsung akan memengaruhi kinerja tubuh Anda.

Untuk itu, Anda harus pintar-pintar memilih setiap asupan makanan yang akan Anda konsumsi saat sahur dan berbuka agar kebutuhan nutrisi Anda dapat tercukupi. Di bulan Ramadan ini, karena hanya memiliki sedikit waktu untuk makan, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda tetap dapat terpenuhi.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah yang identik di bulan suci Ramadan. Untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda, sebaiknya konsumsi tiga butir kurma saat berbuka. Kurma memiliki banyak kandungan karbohidrat yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan otot-otot pada tubuh Anda.

2. Susu, telur, dan kedelai

Protein penting sekali untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda ketika sedang berpuasa. Untuk mendapatkan protein tersebut, Anda bisa mengonsumsi susu, telur, dan kacang kedelai. Ketiga makanan tersebut memiliki banyak kandungan protein yang berfungsi memulihkan otot-otot Anda setelah berpuasa.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk dapat memenuhi kebutuhan protein sekitar 20 gram ketika sahur dan berbuasa puasa agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan bersemangat.

3. Sayur dan buah

Biasakan untuk mengonsumsi sayuran setiap hari, karena Anda bisa mendapatkan serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Terutama saat sedang berpuasa seperti sekarang ini, karena ketika berpuasa, tubuh akan sangat membutuhkan vitamin C dan E.

Kedua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan tidak mudah sakit ketika berpuasa namun tetap harus menjalankan akivitas seperti biasanya. Sayuran dan buah yang mengandung salah satu maupun kedua vitamin tersebut, di antaranya brokoli, bayam, tomat, pisang, alpukat, pepaya, dan paprika.

Demikianlah beberapa jenis asupan makan yang baik jika Anda konsumsi ketika berbuka puasa agar kebutuhan butrisi tubuh Anda dapat terpenuhi selama berpuasa.

Lihat juga artikel lainnya di sini: Manfaat Konsumsi Kurma Untuk Kesehatan



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH