Masih Punya Ketupat? Padukan dengan Soto, Enak!

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 18 Juni 2018
Masih Punya Ketupat? Padukan dengan Soto, Enak!
Soto Padang. (Instagram/ resepdapurayah)

MAKANAN Lebaran identik dengan olahan daging. Ada semur, sayur kuning, opor, rendang, sop, atau soto. Olahan daging yang berkuah cocok dipadu dengan ketupat yang menjadi makanan wajib Lebaran di beberapa daerah.

Ketupat bahkan masih disajikan selama beberapa hari setelah Lebaran. Menyantap ketupat dengan menu bersantan terus-menerus pasti bikin bosan ya. Jika iya, padukan saja ketuoat dengan soto. Soto sangat cocok menjadi teman ketupat.

Pada hari-hari di luar hari raya, pedagang soto biasa menyajikannya dengan lontong. Lontong merupakan makanan sejenis ketupat, tapi dengan pembungkus yang beda. Ketupat dibungkus daun kelapa, sedangkan lontong dibungkus daun pisang.

Berikut Merahputih.com mengenalkan 5 jenis soto berbagai daerah yang cocok dipadu dengan ketupat;

1. Soto Betawi

Soto Betawi. (Instagram/ kardiovskuliner)
Soto Betawi. (Instagram/ kardiovskuliner)

Soto betawi menjadi salah satu kuliner khas Ibu Kota Jakarta paling populer. Soto betawi berbeda dengan kebanyakan soto terkenal nusantara lainnya yang menggunakan nama tempat asalnya, seperti soto lamongan, soto kudus, soto banjar, soto makassar, dll. Soto betawi menyematkan nama suku yang berarti soto orang Betawi.

Soto Betawi bercitarasa santan yang kental. Namun belakangan, penggunaan santan ada yang digantikan dengan susu. Soto Betawi dengan campuran susu ini tak kalah enaknya.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan. (Instagram/ galerykuliner)
Soto Lamongan. (Instagram/ galerykuliner)

Soto Lamongan atau soto ayam Lamongan merupakan masakan Nusantara yang sangat terkenal di seluruh pelosok negeri ini. Dengan rasa yang enak dan lezat, tidak mengherankan jika warung soto Lamongan banyak dibuka di banyak kota.

Soto Lamongan berwarna kuning berminyak dengan aneka bumbu di dalamnya. Rasa soto ini semakin mantap, karena ditambah serbuk koya yang gurih di atasnya.

3. Soto Bogor

Soto Bogor. (Instagram/ jktfoodbang)
Soto Bogor. (Instagram/ jktfoodbang)

Soto Bogor atau soto mi asli Bogor terkenal sangat engak. Di Kota Bogor, kamu bisa menjumpai aneka kuliner soto mi yang dijajakan baik di pedagang kaki lima bahkan di rumah makan. Soto mie Bogor hampir sama dengan dengan resep soto banjar.\

4. Soto Banjar

Soto Banjar. (Instagram/ sasmitaedo)
Soto Banjar. (Instagram/ sasmitaedo)

Soto Banjar marupakan soto khas Suku Banjar, Kalimatan Selatan. Soto ini cocok dipadu dengan nasi atau ketupat.

Kamu wajib mencicipi menu soto khas Banjar ini. Soto Banjar, menu masakan khas suku Banjar, Kalimantan Selatan, memiliki cita rasa beraroma rempah-rempah, seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

5. Soto Padang

Soto Padang. (Instagram/ meyta_pi)
Soto Padang. (Instagram/ meyta_pi)

Menu olahan daging di Lebaran dari Ranah Minang tak hanya rendang. Kamu bisa membuat soto Padang. Soto ini tepatnya berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, soun, perkedel kentang ditambah kerupuk merah dan dihidangkan panas-panas. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Timphan Penganan Khas Lebaran Masyarakat Aceh

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan