Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana? Diffuser tidak hanya mengharumkan ruangan, tapi bikin tidur kamu jadi makin nyaman. (Foto: Unsplash/Stefan Gall)

DIFFUSER tampaknya menjadi salah satu alat yang wajib kamu punya di rumah. Selain menyegarkan dan mengharumkan ruangan, kehadiran diffuser membuat rumah kamu jadi lebih estetik. Tak hanya itu, diffuser ternyata itu mampu mengusir nyamuk, melancarkan sirkulasi udara, dan membantu tidur.

Nah ternyata, diffuser itu memiliki beberapa jenis lho. Mengutip laman Alodokter, berikut enam jenis diffuser yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

1. Candle Diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
Diffuser lilin paling sering digunakan. (Foto: AliExpress)

Candle diffuser atau diffuser lilin adalah jenis yang paling tradisional dan mudah ditemukan. Punya harga terjangkau, diffuser jenis ini memanfaatkan suhu panas untuk menghasilkan uap aromaterapi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan meneteskan minyal esensial dan air di wadah diffuser. Setelah itu, tempatkan lilin yang sudah dinyalakan di bawahnya. Meski praktis dan mudah digunakan, suhu panas pada diffuser ini mungkin dapat mengubah struktur kimia minyak esensial sehingga membuat aromaterapi kurang efektif.

2. Ceramic diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
Dibuat dari bahan dasar keramik. (Foto: Ellia)

Seusai namanya, diffuser ini terbuat dari keramik atau tanah liat. Berbeda dengan jenis diffuser lilin yang memanfaatkan suhu panas, diffuser keramik memanfaatkan gelombang suara ultrasonik untuk mengubah cairan minyak esensial menjadi uap aromaterapi.

Kamu hanya perlu meneteskan minyak aromaterapi di dalam diffuser agar aromanya menyebar di udara. Diffuser keramik lebih cocok digunakan di ruangan yang kecil.

Baca juga:

Air Purifier, Humidifier dan Diffuser, Apa Sih Bedanya?

3. Reed diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
(Foto 3) Salah satu bentuk parfum reed diffuser. (Foto: Instagram/Kaskia.home)

Reed diffuser biasanya dijual satu paket dengan botol minyak aromaterapi. Jenis diffuser ini terbilang unik karena tidak memanfaatkan suhu panas atau listrik, melainkan menggunakan batang rotan. Batang tanaman ini dapat menyerap minyak aromaterapi yang tersimpan di botol, kemudian melepaskannya ke udara sehingga menghasilkan aroma wangi di dalam ruangan.

4. Electric diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
Electric diffuser tidak menggunakan energi panas. (Foto: Castle Farm)

Sama halnya dengan diffuser keramik dan reed diffuser, electric diffuser tidak menggunakan energi panas. Batang tanaman ini dapat menyerap minyak aromaterapi yang tersimpan di botol, kemudian melepaskannya ke udara sehingga menghasilkan aroma wangi di dalam ruangan.

5. Nebulizer diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
Diffuser jenis ini jangkauannya luas sehingga cocok untuk rumah sultan. (Foto: airlifebetter)

Nebulizer diffuser bekerja dengan cara memecah minyak esensial menjadi molekul kecil sebelum menyebarkannya ke dalam ruangan. Perangkat ini memiliki botol kaca silinder di bagian tengahnya sehingga terkesan elegan. Kelebihan diffuser jenis ini adalah jangkaunnya yang luas, sehingga cocok digunakan di ruangan besar.

Jika kamu menggunakan diffuser ini mungkin akan sedikit terganggu karena menimbulkan suara bising.

Baca juga:

Bau Ruangan Tak Sedap? Coba Pakai Parfum Model "Reed Diffuser"

6. Ultrasonic diffuser

Jenis-Jenis dan Kegunaan Diffuser, Kamu Punya yang Mana?
Jenis diffuser ini juga berfungsi untuk melembapkan udara ruangan yang kering. (Foto: Dwell on Joy)

Diffuser ini bekerja dengan cara menghasilkan kabut halus sehingga mudah dilepaskan ke udara. Jenis diffuser ini juga berfungsi untuk melembapkan udara ruangan yang kering. Beberapa ultrasonic diffuser bisa mati secara otomatis untuk mengontrol jumlah minyak esensial yang tersebar ke udara. Tak hanya itu, diffuser ini cenderung lebih murah daripada nebulizer diffuser dan lebih kokoh. (and)

Baca juga:

Diffuser, Bukan Hanya untuk Mengharumkan Ruangan Saja


Tags Artikel Ini

Andreas Pranatalta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH