Jenderal Tito Karnavian Mundur, Komjen Ari Dono Ditunjuk Sebagai Plt Kapolri Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat bertandang ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian.

Pasalnya, Tito akan dilantik menjadi menteri di kabinet kerja Jokowi. Jabatan menteri adalah jabatan politik.

Baca Juga:

'Naik Kelas' Jadi Menteri, Tito Belum Lapor Kekayaan ke KPK Sejak 2016

"Presiden sudah menyampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri," ujar Ketua DPR Puan Maharani kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10).

Wakapolri Komjen Ari Dono ditunjuk sebagai Plt Kapolri oleh Presiden Jokowi
Komjen Ari Dono ditunjuk sebagai Plt Kapolri oleh Presiden Jokowi (Foto: TMC Polda )

Dalam Rapat Paripurna tersebut, DPR menyetujui surat permintaan yang dikirimkan Presiden Joko Widodo terkait pemberhentian Tito Karnavian dari Kapolri. Tanpa interupsi, sebanyak 515 anggota DPR yang hadir menyatakan setuju.

Menurut Puan, Presiden Jokowi beralasan Tito akan mengemban tugas negara dan pemerintahan lainnya.

"Karena tidak boleh jabatan rangkap dan supaya maksimal menjalankan tugasnya, kemudian beliau menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri," tutur dia.

Bahkan, Tito juga akan mengundurkan diri sebagai Kapolri.

"Dan tentu saja surat pengunduran diri dari Kapolri yang menyatakan beliau meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri," kata politkus PDIP ini.

Puan merahasiakan jabatan baru yang bakal diemban oleh Tito, meski mengaku telah bertemu langsung Kapolri pada Selasa siang.

"Tadi saya menerima Kapolri dan Beliau menyampaikan diberikan amanah baru di pemerintahan. Namun apa itu, kita lihat saja besok, kan, besok pelantikan," kata dia.

Baca Juga:

Jenderal Tito Jadi Menteri, IPW Bocorkan Nama Calon Kapolri Baru

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10).

Tito datang bersama Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dan sejumlah pejabat kepolisian lainnya.

Jenderal Tito juga tak mau bicara banyak saat ditanya dirinya diminta lagi menjadi Kapolri.

"Saya belum tahu. Nanti lihat saja setelah ini," ucapnya singkat.(Knu)

Baca Juga:

Jadi Menteri Jokowi, Jenderal Tito Karnavian Segera Lepas Jabatan Kapolri?



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH