Jenderal Tito Jadi Menteri, IPW Bocorkan Nama Calon Kapolri Baru

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 22 Oktober 2019
Jenderal Tito Jadi Menteri, IPW Bocorkan Nama Calon Kapolri Baru
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat bertandang ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana untuk mengisi pos jabatan baru di Kabinet Kerja Jilid 2. Tito pun sudah menyatakan kesediaannya menerima tawaran itu, yang otomatis juga berarti melepas jabatannya sebagai Kapolri.

Terkait hal itu, Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane membocorkan setelah ada kepastian Tito masuk dalam kabinet, Mabes Polri saat ini sudah memproses Plt Kapolri untuk mengganti Tito Karnavian.

Baca Juga:

Jenderal Tito Karnavian Segera Lepas Jabatan Kapolri

"Nama yang diusulkan sebagai Plt Kapolri adalah Wakapolri Komjen Ari Dono. Jika Kapolri Tito Karnavian diangkat menjadi menteri dalam kabinet Jokowi pada Rabu pagi bisa dipastikan Ari Dono menjadi Plt Kapolri," kata Neta kepada Merahputih.com di Jakarta, Selasa (22/10)

Menurut Neta, jika semuanya berjalan lancar gerbong mutasi di Polri pun akan bergerak. Neta membeberkan Kabareskrim Komjen Idam Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono.

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto. (dua kiri) (MP/Angga)

Adapun, IPW memprediksi posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idam Azis diperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya.

"Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Rudi Sufhariadi dan Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto," imbuh Neta.

Neta menambahkan posisi Plt Kapolri diperkirakan akan dipegang Ari Dono hingga masa pensiunnya Desember mendatang. "Untuk kemudian posisi Kapolri nantinya akan dipegang Gatot Edi. IPW memperkirakan penetapan Plt Kapolri akan berjalan lancar tanpa hambatan apapun," tandas dia. (Knu)

Baca Juga:

Kapolri Tito 'Naik Kelas'

#Tito Karnavian #Komjen Pol Ari Dono Sukmanto #Kabinet Jokowi Ma'ruf Amin
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan