Jenderal Polisi Ini Terpilih Jadi Direktur Penyidikan KPK Logo KPK. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Brigadir Jenderal (Pol) Setyo Budiyanto terpilih menjadi Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bigjen Setyo menyingkirkan dua pesaingnya dari Korps Bhayangkara, yakni Widyaiswara Muda Sespimti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo, dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan Kombes Didik Agung Widjanarko.

Terpilihnya Brigjen Setyo diketahui dari lembaran surat pimpinan KPK RI nomer R/1812/KP.01.01/01-54/09/2020 tertanggal 18 September 2020. Surat tersebut terkait pemberitahuan hasil seleksi dan panggilan bergabung bagi calon Pegawai Negeri yang dipekerjakan di KPK berasal dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga

KPK Ajak MAKI Bongkar Sosok King Maker di Skandal Djoko Tjandra

Dalam surat yang ditandatangani Ketua KPK Komjen Firli Bahuri tersebut, tertulis enam nama anggota Polri yang terpilih dalam seleksi KPK. Pertama Brigjen Setyo Budiyanto sebagai Dirdik KPK. Kemudian lima nama lolos menjadi koordinator wilayah, mereka adalah Kombes Didik Agung Widjanarko, Kombes Agung Yudha Wibowo, Kombes Bahtiar Ujang Purnama, Kombes Kumbul Kusdwijanto Sudjadi, dan Kombes Yudhiawan.

Brigjen Setyo sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK. Sejak Irjen Panca ditarik kembali ke kepolisian, jabatan Dirdik pun dirangkap oleh Brigjen Setyo sebagai pelaksana tugas.

Baca Juga

100 Juta Penduduk Indonesia Bakal Diberi Vaksin Januari 2021

Dengan terpilihnya Brigjen Setyo, saat ini posisi jabatan strategis di bidang penindakan KPK diisi seluruhnya dari kepolisian. Di Deputi Penindakan diisi oleh Irjen Pol Karyoto dan Direktur penyelidikan diisi oleh Brigjen Pol Endar Priartono. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH