Headline

Jenderal Gatot Nurmantyo: Negosiasi dengan KKB Ada Batas Waktunya

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 16 November 2017
Jenderal Gatot Nurmantyo: Negosiasi dengan KKB Ada Batas Waktunya
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (kedua kiri) didampingi Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti (kiri) dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono (ketiga kiri) (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

MerahPutih.Com - Saat ini Polri dan TNI tengah melakukan perundingan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) guna membebaskan para sandera. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengingatkan bahwa negosiasi tersebut ada batas waktunya.

"TNI dan Polri sampai saat ini masih menunggu upaya negosiasi yang dilakukannya dengan kelompok bersenjata untuk membebaskan ribuan warga Kampung Banti dan Kampung Kimbely, Tembagapura, Mimika yang disandera," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai memberikan materi "Profesionalisme TNI Dalam Menjalankan Tugas Pokok Selain Perang" dalam pleno Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Nasdem di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Meski, tidak menyebutkan kapan batas waktu yang dimaksud, penegasan Panglima TNI yang kembali disampaikan menyiratkan bahwa TNI sudah siap melakukan operasi pembebasan sandera.

"Jadi sampai saat ini kita masih melakukan negosiasi. Negosiasi ada batas-batas waktunya," kata Jenderal Gatot Nurmantyo sebagaimana dilansir Antara.

Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, Polri dan TNI yang bertugas membebaskan sandera dari cengkraman kelompok kriminal bersenjata (KKB) juga sudah menyiapkan segala kemungkinan yang bakal terjadi.

"Dalam hal ini maka TNI dan Polri siapkan segala kemungkinan. Yang jelas, keberadaan negara di mana pun harus hadir. Negara harus hadir di mana pun juga dan melindungi masyarakat di mana pun juga," ucap Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, berapa pun risiko atau "harganya", TNI juga akan hadir melindungi segenap warga negara Indonesia, termasuk terkait adanya ancaman dari KKB di Papua.

"TNI akan hadir apa pun cost-nya (risikonya). Kalau negosiasi tidak mau, malah menantang, malah lain ceritanya nanti," ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.(*)

#Panglima TNI #Jenderal Gatot Nurmantyo #OPM #TNI-Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan