Jenazah Habibie Tiba di TMP Kalibata Suasana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (!2/9). Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Jenazah mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie telah tiba di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.40 WIB.

Jenazah Habibie diberangkatkan dari rumah duka di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, setelah melaksanakan salat jenazah.

Sesampainya di TMP, peti Jenazah mantan Wakil Presiden RI itu dibawa oleh petugas ke tempat peristirahatan terakhir yang berada di samping liang lahat sang istri Ainun Habibie.

Sebelum peti Jenazah Habibie dibawa ke liang lahat petugas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) meletupkan tembakan ke udara.

Suasana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (!2/9). Foto: MP/Asropih

Saat dibawa ke liang lahat para warga di TMP beramai-ramai melantunkan zikir. "La ilaha Illallah, La ilaha Illallah," lantunan zikir warga.

Diketahui, Pemakaman militer ini akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di ruang CICU, Paviliun RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada usian 83 tahun.

Menurut Putera Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB. Ia menyebut penyebabnya adalah faktor usia.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," kata Thareq di RSPAD, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) malam. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH