Wisata Indonesia
Jembatan Cinta hingga Kerangka Paus, Cek 5 Rekomendasi Wisata di Pulau Tidung Kerangka paus sperma sepanjang 13 meter. (Foto: Andreas MP)

KEINDAHAN panorma Pulau Tidung patut kamu kunjungi dan wajib masuk daftar list perjalananmu suatu saat nanti. Terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, pulau ini bisa kamu capai kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pelabuahan Kaliadem, Muara Angke, menggunakan perahu cepat.

Tertarik berkunjung? Berikut 5 spot wisata yang wajib kamu kunjungi di Pulau Tidung.

Baca juga:

Kapal Penumpang ke Pulau Tidung Terbakar, Satu Orang Tewas

1. Jembatan Cinta

pulau tidung
Jembatan Cinta sering dijadikan spot foto atau tempat melompat ke laut. (Foto: Andreas/MP)

Kalau kamu cari Pulau Tidung di Google, pasti akan menemukan jembatan merah muda yang disebut dengan Jembatan Cinta. Objek wisata yang satu ini cukup fenomenal karena mitos setempat seputar asmara. Konon katanya, pasangan yang berkunjung ke jembatan ini kisah cintanya akan berujung ke pelaminan. Sementara bagi pasangan suami istri pernikahannya akan langgeng.

Di samping itu, jembatan sepanjang 800 meter ini menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Di atas jembatan ini biasanya digunakan wisatawan untuk berfoto atau loncat ke bawah laut. Kamu akan melihat panorama yang indah sambil ditemani hembusan angin di sana. Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena jalurnya cukup licin.

Di sini kamu juga bisa menyaksikan sunset di ufuk barat sambil ditemani pasanganmu. Beragam jajanan juga bisa kamu temukan di sini, seperti laker, cilung, nasi goreng, roti bakar, dan masih banyak lagi.

2. Penangkaran penyu sisik

pulau tidung
Penyu sisik yang dirawat di Pulau Pramuka. (Foto: Andreas/MP)

Selain keindahan wisata yang dimiliki Pulau Tidung, tempat ini juga menyimpan keanekaragaman fauna, salah satunya penyu sisik. Lokasinya terletak di Pulau Pramuka, dekat dengan Pulau Tidung.

Untuk bisa ke sana, kamu harus menyebrangi Jembatan Cinta tadi dan kemudian berjalan kaki sedikit kurang lebih 1,5 kilometer. Kamu bisa menyaksikan secara dekat penyu tersebut yang sedang dalam proses pengembangbiakkan. Uniknya, kamu juga bisa merasakan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut yang dipandu oleh pihak setempat.

Baca juga:

Festival Pulau Tidung Jadi Ajang "Rematch" Sandiaga-Susi Pudjiastuti

3. Snorkeling

pulau tidung
Kamu bisa menyewa kapal dan dipandu oleh warga setempat. (Foto: Andreas/MP)

Bukan ke Pulau Tidung namanya kalau belum mencoba aktivitas snorkeling di sana. Keindahan bawah laut di sana akan memberikan pengalaman menarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Jangan lupa untuk membeli roti yang dimasukkan ke dalam botol untuk memberi makan ikan di sana.

Biota lautnya yang beragam membuatmu menghabiskan waktu berlama-lama sambil bermain dengan ikan kecil. Meski begitu, tetap berhati-hati dengan terumbu karang agar tidak membuat kakimu terluka. Untuk bisa mencapai ke tengah laut, kamu bisa menyewa speed boat yang juga dipandu oleh warga setempat.

4. Water Sport

Jembatan Cinta hingga Kerangka Paus, Cek 5 Rekomendasi Wisata di Pulau Tidung
Kamu bisa mencoba banana boat di Pulau Tidung. (Foto: Instagram/tidung_island)

Belum lengkap rasanya kalau tidak berman air di Pulau Tidung. Salah satu aktivitas permainan yang paling diburu oleh pengunjung adlaah permainan water sport, seperti banana boat, water sofa, donuts boat, jetski, dan masih banyak lagi. Tantangan setiap permainan tentu berbeda-beda, pastikan kamu berpegangan kuat agar tidak terpental jauh.

Enggak perlu khawatir buat kamu yang tidak bisa berenang, karena pelampung yang terpasang bikin kamu aman kok.

5. Museum Kerangka Paus

pulau tidung
Terletak persis di samping penangkaran penyu sisik. (Foto: Andreas/MP)

Di Museum Kerangka Paus ini kamu bisa menyaksikan kerangka paus speram sepanjang 13 meter dan berat delapan ton. Terletak di Pulau Pramuka, museum ini berada persis di samping penangkaran penyu sisik. Kalau kamu masuk ke dalamnya, sungguh besarnya bukan main.

Diketahui paus sperma malang itu terdampar di perairan Kepulauan Seribu oada 2012 di sekitar Tanjung Pakis Kerawang. Setelah tubuhnya dibiarkan mengalami pembusukan, Dinas Perikanan Kepulauan Seribu Jakarta memanfaatkan kerangkanya untuk kepentingan pendidikan. (and)

Baca juga:

Ayo Voting Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Spot Instagramable di Pulau Cipir
Travel
5 Spot Instagramable di Pulau Cipir

Ada beberapa spot foto menarik di Pulau Cipir

Pandemi bukan Halangan Sambut Tahun Baru di Hotel
Indonesiaku
Pandemi bukan Halangan Sambut Tahun Baru di Hotel

Tetap jaga diri dan terapkan protokol kesehatan.

Menjajal Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara di Situ Gunung Sukabumi
Travel
Menjajal Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara di Situ Gunung Sukabumi

Pengunjung berjalan di atas jembatan gantung Situ Gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, Jawa Barat

Cascara Hasil Fermentasi Kopi
Kuliner
Cascara Hasil Fermentasi Kopi

Dari aromanya, persis wine.

Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali
Travel
Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali

ada tempat wisata di Bali yang mungkin belum diketahui banyak orang. Namanya Danau Beratan/Bratan Bedugul. Warga setempat biasa menyebutnya Danau Bedugul.

Foto: Binar di Pesara
Tradisi
Pangan di Masa Sulit ala Indonesia
Kuliner
Pangan di Masa Sulit ala Indonesia

Sajian nikmat dengan bahan seadanya.

Yogyakarta Belum Terima Kunjungan Wisatawan Rombongan
Travel
Yogyakarta Belum Terima Kunjungan Wisatawan Rombongan

Kategori rombongan adalah para pelancong yang datang berkelompok dan berjumlah puluhan.

Mengenal 2 Jenis Kopi dari Flores NTT yang Mendunia
Kuliner
Mengenal 2 Jenis Kopi dari Flores NTT yang Mendunia

Setiap jenis kopinya memiliki ciri khas tersendiri.