Jemaah Haji Indonesia Meninggal Terbanyak dari Embakarsi Kota Asal Jokowi Ilustrasi jasad. Foto: NET

MerahPutih.com - Jemaah haji yang paling banyak meninggal di Tanah Suci saat ini berasal dari calon haji (JCH) asal Embarkasi Surakarta, Jawa Tengah. Jumlah calon haji yang wafat dari kota kampung halaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tertinggi dibanding 12 embarkasi lainnya di Indonesia

Berdasarkan data yang diterima melalui Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Surakarta, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (23/8), menyebutkan, jumlah JCH asal Embarkasi Surakarta meninggal dunia di Tanah Suci sebanyak 24 orang, sedangkan embarkasi lainnya seperti Surabaya ada 16 orang, disusul Jakarta/Bekasi (JKS) 15 orang.

ilustrasi
Jemaah Haji tiba kembali di Tanah Air. Foto: ANTARA

Data terakhir calon haji Embarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci, yakni Siti Rofingah Dahlan (63) warga Pageraji RT 3/10 Cilongok Kabupaten Banyumas yang tergabung dengan kloter 91. Calon haji ini, dilaporkan meninggal karena sakit di pemondokan Mekah Arab Saudi, Senin (20/8), pada pukul 08.16 WIB.

Kepala Subbagian Humas PPIH Embarkasi Surakarta Afief Mundzir menjelaskan jumlah totalnya ada 25 orang yang terdiri 24 orang meninggal di Tanah Suci dan satu lainnya di Tanah Air saat kegiatan pemberangkatan. "25 orang yang meninggal itu, terdiri 22 orang asal Jateng dan tiga sisanya D.I Yogyakarta," kata dia, dikutip Antara.

Calon jemaah haji Indonesia tiba di Madinah
Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Menurut Afief Mundzir, berdasarkan data melalui Siskohat Embarkasi Surakarta memang jamaah asal Jateng dan D.I.Yogyakarta yang diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo hingga saat ini, terbanyak dibanding 12 embarkasi lainnya di Indonesia.

Afief menambahkan berdasarkan data dari kesehatan, jamaah yang masih resiko tinggi berdasarkan usia sekitar 60 hingga 70 persen total yang diberangkatkan dari embakarsi Surakarta.

Adapun, rombongan jamaah haji kloter pertama Debarkasi Surakarta dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada tanggal 28 Agustus mendatang. Jamaah kloter pertama ini, asal Kabupate Tegal Jateng, tiba di Tanah Air sekitar pukul 13.00 WIB. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH