Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 05 Juni 2022
Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi
Petugas menyambut kedatangan jemaah kloter pertama dari Embarkasi Solo di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz Madinah. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Rombongan jemaah Haji dari Indonesia sudah diberangkatkan dari 2 Juni 2022 kemarin.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Ahmad Abdullah, meminta jemaah haji mewaspadai cuaca ektrem yang akan melanda Arab Saudi.

Baca Juga:

Ganjar Terharu Dengar Kisah Penjual Pecel Asal Pati Berangkat Haji

"Arab Saudi cuacanya sekarang musim panas, informasi yang saya dapat suhunya berkisar 40 derajat sampai dengan 44 derajat celcius dan kemungkinan akan lebih panas lagi," ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (5/6).

Maka dari itu, Ia berpesan agar jemaah haji dapat menjaga kesehatannya, jaga pola makan dan istirahat yang cukup.

"Saya berpesan tolong jaga kesehatan, jaga pola makan serta istirahat, jangan terlalu diforsir kegiatan-kegiatan yang memang tidak perlu dilakukan," pesannya.

Terkait cuaca panas, Ia juga mengimbau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) untuk tidak memaksakan jemaahnya untuk selalu melaksanakan umrahnya. Abdullah meminta KBIHU dan jemaah untuk bisa mengendalikan diri karena kondisi cuaca tersebut.

"Mengimbau KBIHU untuk tidak memaksakan jemaahnya untuk selalu melaksanakan umrah dan dapat mengendalikan diri karena cuaca saat ini sangat ekstrem itu yang penting," Tegasnya.

Baca Juga:

Embarkasi Solo Jadi Pertama Berangkatkan Calon Haji, Kloter 1 dari Pati

Kepada jemaah, dirinya juga berpesan jika nanti akan melaksanakan ibadah di Tanah Suci harap membawa 10 sampai 15 butir kurma dan banyak minum air untuk mengantisipasi dan mencegah dehidrasi.

"Banyak minum jangan tunggu haus dan sediakan 10 - 15 butir buah kurma," kata Abdullah.

Tahun ini, Pemerintah bersama Komisi VIII DPR juga telah menyepakati pemberian layanan konsumsi jemaah dari sebelumnya yang hanya diberikan 2 kali makan, tahun ini diberikan menjadi 3 kali makan.

"Pemerintah dan DPR sepakat di mana untuk makan jemaah yang tahun lalu diberikan 2 kali saat ini diberikan 3 kali makan," ujarnya. (Knu)

Baca Juga:

Kemenkes Nyatakan 95,7 Persen Calon Jemaah Haji Penuhi Syarat Kesehatan

#Calon Haji #Jemaah Haji #Arab Saudi
Bagikan
Bagikan