Jelang Tahun Politik, Kapolri Bentuk Satgas Antipolitik Uang

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 29 Desember 2017
Jelang Tahun Politik, Kapolri Bentuk Satgas Antipolitik Uang
Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (kiri) didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan rencana pembentukan Satuan Tugas (satgas) Antipolitik Uang pada Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) sebagai pengawasan terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

"Supaya memberikan efek jera kepada masyarakat dan calon kepala daerah yang akan melakukan politik uang," kata Tito kepada wartawan di Jakarta, Jumat (29/12).

Tito mengaku telah berkomunikasi dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyambut baik rencana pembentukan satgas antipolitik uang tersebut.

Tito menyatakan, Kepala Bareskrim Polri akan Komisaris Jenderal Polisi Ari Doni Sukmanto dengan KPK guna mengawasi pilkada dari potensi praktik politik uang.

Penanganan perkara politik uang, kata Tito, pihak Polri akan menangani kasus tersebut yang tidak dapat diselidiki KPK seperti pejabat negara golongan eselon dua ke bawah.

"Kalau (tersangka) yang kami tangkap bisa ditangani KPK akan kami serahkan (ke KPK)," ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tito beralasan Aatgas Antipolitik Uang itu perlu dibentuk lantaran masih banyak terjadi kasus politik uang yang melibatkan calon kepala daerah dan calon anggota legislatif karena biaya politik yang tinggi. (*)

#Kapolri #Tito Karnavian #KPK #Pilkada 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan