Jelang Reshuffle, Mensos dan Mendes Bakal Jadi Rebutan Parpol Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa santer dikabarkan akan maju di Pilkada Jawa Timur 2018. Bahkan, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menyebut nama Ketua Umum Muslimat NU itu siap diusung oleh partai beringin.

Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai posisi Mensos akan menjadi salah satu pos yang diperebutkan oleh partai-partai politik pendukung pemerintah.

"Dugaan terbesar saya, Mensos akan diperebutkan parpol," ucapnya dalam diskusi di Kantor PARA Syndicate di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Menurut Ray, posisi Mensos sangat strategis bagi parpol karena bersentuhan langsung dengan rakyat. Untuk itu, posisi tersebut dapat membuat populer partai di masyarakat.

Selain Mensos, Ray menyebut posisi Menteri Desa Pembanguan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) juga strategis dan bakal diperebutkan parpol. Pasalnya, kedua pos tersebut bersentuhan langsung dengan rakyat.

"Pertama paling dekat dengan publik, membuat siapa pun menterinya sangat dekat dengan masyarakat dan punya potensi jadi calon pemimpin," ungkapnya.

"Semua orang menginginkan tempat itu, jadi ke depan bukan menteri ekonomi yang jadi rebutan tapi menteri desa atau menteri sosial. Karena ini akan rebutan, kalau misalnya PKB lepas mungkin akan diambil oleh PDIP, ada Budiman Sudjatmiko di situ," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Najwa Shihab Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Sosial?



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE