Kesehatan Mental
Jelang Ramadan, Latih Diri untuk Tenang saat Mulai Hilang Kesabaran Kesabaran bukan komoditas. Sifat itu merupakan campuran dari 'kegigihan, penerimaan, dan ketenangan'. (unsplash/Masjid MABA)

INGAT tidak, ketika mau ke rumah teman, kamu harus menanyakan langsung alamat dan petunjuk arah ke sana, tidak peduli berapa lama teman itu menjelaskan? Lalu, bagaimana ketika kamu perlu sepatu baru? Dulu, kamu perlu meluangkan waktu ke mal alih-alih mengklik mouse (dengan gratis ongkos kirim).

Iya, banyak kegiatan sehari-hari lebih memakan waktu saat itu, tetapi durasi yang dibutuhkan juga membawa hikmah. Kegiatan-kegiatan tersebut membantu menumbuhkan kesabaran. Di tengah segala kemudahan dan kecepatan pada zaman digital ini kesabaran menjadi barang yang lebih langka. Padahal, sifat itu wajib diamalkan sepanjang bulan Ramadan mendatang.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan kesabaran, ketika seluruh serial TV tersedia sekaligus di layanan streaming tanpa perlu menunggu episode terbaru pekan depan? Bagaimana kamu bisa menenangkan diri ketika pertanyaan yang membara bisa terjawab dalam hitungan detik melalui mesin pencari?

BACA JUGA:

Jelang Ramadan, Jangan Lupa Cukupi Asupan Nutrisi dan Olahraga

Kehidupan di era hiperkonektivitas menimbulkan efek negatif, "Kebutuhan akan kepuasan instan dan hilangnya kesabaran." Demikian menurut laporan 2012 oleh Pew Research Center.

Manfaat kesabaran untuk hidup dan kesehatanmu

perempuan muslim
Kehidupan era hiperkonektivitas menimbulkan efek negatif, kebutuhan akan kepuasan instan dan hilangnya kesabaran. (freepik/marymarkevich)

Menguasai kesabaran dan menunjukkan pengendalian diri dapat membuatmu menjadi anggota masyarakat yang lebih terlibat, percaya diri, dan bahkan lebih sehat. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam The Journal of Personality menemukan, kapasitas untuk melatih pengendalian diri berkorelasi dengan harga diri kuat, nilai yang lebih baik, dan meningkatnya keterampilan interpersonal.

Terlebih lagi, orang yang sabar, terus terang, lebih disukai. Mereka lebih baik menunggu giliran, tidak menyela saat orang lain berbicara, dan tidak membuat keributan di grup WA. Singkatnya, mereka lebih mudah bergaul. Demikian menurut kata Rona Renner, RN, perawat terdaftar dan penulis buku pola asuh Is That Me Yelling?.

"Kesabaran memungkinkan kamu untuk bekerja secara kolaboratif, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, dan bergerak menuju tujuan," ujar Renner seperti diberitakan Real Simple.

Cara menumbuhkan kesabaran

perempuan muslim
Kesabaran memungkinkan kamu untuk bekerja secara kolaboratif, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain. (freepik/freepik)

"Banyak orang berbicara tentang kesabaran seolah-olah itu semacam komoditas," kata Allan Lokos, pendiri Community Meditation Center di New York City, AS, dan penulis Patience: The Art of Peaceful Living.

"Kita mengatakan, 'Saya kehabisan kesabaran' atau 'Saya kehilangan kesabaran.' Tapi itu tidak terlalu akurat. Kesabaran dan ketidaksabaran adalah perasaan."

Dengan kata lain, kamu tidak memulai hari dengan tangki penuh yang terus habis sampai kamu kehabisan kesabaran. Sebaliknya, sifat itu adalah campuran dari "kegigihan, penerimaan, dan ketenangan," kata M.J. Ryan, seorang pelatih eksekutif dan penulis 'The Power of Patience', "Ketika orang-orang dengan tiga kualitas ini menemukan bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginan mereka, mereka dapat terus bertahan."

Kamu tidak dapat berubah menjadi orang yang berbeda dalam semalam atau bahkan dalam setahun. Namun, saat sedang mengerjakan sesuatu, kamu dapat menggunakan strategi untuk menghindari hilangnya kesabaran.

Cara pertama adalah dengan bernafas dalam-dalam. Ini adalah trik klasik. Disebut demikian memang karena sukses. Jika kamu merasakan ketegangan meningkat, turunkan bahu (mata tertutup, jika kamu mau) dan ambil napas dalam-dalam dan lembut.

"Respon stres dan respons relaksasi berlawanan, jadi tidak bisa menyala pada saat yang bersamaan," kata Ryan. Cobalah salah satu dari latihan pernapasan dengan perhatian penuh. Lakukan cara mudah ini saat ketidaksabaran mulai meningkat.

Cara lain, yaitu dengan menggunakan self-talk yang menenangkan. Jika kamu ada pertemuan penting yang akan segera dimulai dan barista di belakang konter kopi tampaknya merupakan jelmaan kungkang, kepanikan pun terjadi.

"Biasanya ada pemikiran yang memicu, seperti saya akan mendapat masalah, yang memicu amarah," kata Ryan. Sebelum kamu membuka pintu emosi, ambil jeda dan ajukan serangkaian pertanyaan, seperti "Apa yang terburuk yang bisa terjadi? Bisakah saya bertahan dari dampak terburuk?"

Kemudian, kata Ryan, cari tahu apakah ada sesuatu yang dapat kamu lakukan secara proaktif untuk menghindari skenario buruk tersebut, seperti mengirim pesan singkat bahwa kamu akan terlambat beberapa menit, atau jangan ambil risiko dan tingalkan kedai kopi.

Cara ketiga adalah untuk orangtua yang berurusan dengan anak-anak yang tidak sabaran. Jika anak-anakmu belum menguasai seni mengalihkan perhatian mereka, beri mereka petunjuk. Misalnya ketika di barisan antrean, cobalah permainan, seperti "Berapa banyak topi yang kamu lihat?" saran Deborah Gilboa, MD, dokter keluarga dan pakar perkembangan perilaku.

Dengan anak yang lebih besar, kamu dapat bertanya, "Bisakah kamu membuat daftar semua pekerjaan yang harus dilakukan orang di tempat kita sekarang?"

Cara terakhir adalah dengan menulis catatan untuk diri sendiri. Tempelkan catatan di meja kerja, misalnya, yang mengatakan sesuatu seperti: "Apakah aku akan berbicara seperti yang kuinginkan?" Ini adalah pertanyaan yang sering muncul di tengah-tengah interaksi sehari-hari, kata Lokos. Setiap kali kamu menelepon layanan pelanggan (perusahaan sambungan internet, asuransi kesehatan), baca catatan itu sebagai pengingat. Cara ini mungkin dapat menghentikanmu untuk melampiaskan rasa frustasi pada agen yang menjawab panggilan tersebut.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu dapat terus berlatih menenangkan diri, menumbuhkan kesabaran, dan menjadikan Ramadan bulan yang penuh berkah untuk semua orang di sekitarmu.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kurir Ekspedisi akan Sibuk Pada Periode Natal dan Tahun Baru
Fun
Akhir April 2022 akan Terjadi Gerhana Matahari
Fun
Akhir April 2022 akan Terjadi Gerhana Matahari

Gerhana Matahari pertama yang terjadi di 2022.

Uniknya Kantor Pos Paling Terpencil Dunia di Tengah Gurun Mongolia
Fun
Uniknya Kantor Pos Paling Terpencil Dunia di Tengah Gurun Mongolia

Keberadaannya yang tidak biasa memicu rasa penasaran publik.

Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck
Fun
Melirik Aya Neo 2 Dan Aya Neo slide, Pesaing Tangguh Bagi Steam Deck

Radeon 680M iGPU yang dimiliki perangkat tersebut nantinya mampu mendorong 3,38 teraflops

Drama Korea 'My ID Is A Gangnam Beauty' Hadir dalam Versi Thailand
Fun
Drama Korea 'My ID Is A Gangnam Beauty' Hadir dalam Versi Thailand

Drama ini akan diperankan oleh Win Metawin.

Tiga Remaja Putri Indonesia Sabet Gelar Juara di Skate Asia 2022
Fun
Tiga Remaja Putri Indonesia Sabet Gelar Juara di Skate Asia 2022

Tiga remaja putri tersebut berhasil memboyong kemenangan di berbagai kategori.

EVOS Divine Wakili Indonesia di 'Free Fire World Series 2022'
Fun
EVOS Divine Wakili Indonesia di 'Free Fire World Series 2022'

EVOS Divine mengamankan tiket FFML Season V Divisi 1.

Kenali Dampak Buruk Penggunaan BBM RON 90 untuk Mobil LCGC
Fun
Kenali Dampak Buruk Penggunaan BBM RON 90 untuk Mobil LCGC

Pabrikan menyarankan pemilik LCGC harus menggunakan bahan bakar RON 92.

Tesla Masih Punya PR untuk Melepas Cybertruck di 2023?
Fun
Tesla Masih Punya PR untuk Melepas Cybertruck di 2023?

Tesla Cybertruck akan mengaspal di 2023.

Pentingnya Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Mudik
Fun
Pentingnya Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Mudik

Pastikan tubuhmu sehat saat mudik.