Jelang Purnatugas, Mochamad Iriawan Berikan Pesan kepada Timnas Indonesia U-20

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 15 Februari 2023
Jelang Purnatugas, Mochamad Iriawan Berikan Pesan kepada Timnas Indonesia U-20
Ketum PSSI Mochamad Iriawan memantau pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Rabu (15/2). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

MerahPutih.com - Masa jabatan Mochamad Iriawan sebagai Ketua Umum PSSI akan berakhir pada Kamis (16/2). Induk sepakbola nasional itu akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, untuk memilih kepengurusan baru PSSI untuk periode 2023-2027.

Menjelang purnatugas, Iriawan tetap menunjukkan komitmen dan dukungannya untuk Timnas Indonesia U-20. Hal ini dibuktikan Iriawan dengan memantau sesi latihan Garuda Muda yang berlangsung di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Rabu (15/2) siang WIB.

Baca Juga

H-2 KLB PSSI, Ketum PSSI Tetap Bekerja Pantau Liga 1

Hujan deras yang mengguyur area SUGBK tidak menyurutkan langkah purnawirawan kepolisian bintang tiga itu untuk menyapa langsung pelatih Shin Tae-yong dan para pemain Timnas Indonesia U-20.

Dalam kesempatan tersebut, Iriawan turut memberikan sejumlah pesan sampai motivasi untuk Alfriyanto Nico Saputro dan kawan-kawan. Momen itu juga dijadikan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu untuk berpamitan dengan seluruh awak tim, mulai dari pemain, staf pelatih, dan ofisial.

"Tentunya saya ingin menanyakan perkembangan dari pelatih dan ofisial, ada kemajuan, namun pelatih menyampaikan memang masih kurang, karena beberapa pemain yang baru diserahkan ke tim nasional," kata Iriawan.

"Ada 26 pemain di sini, sudah diserahkan (delapan) dari Persija dan (tiga dari) Persib, hanya kabar gembira Ronaldo (Kwateh) kemungkinan bisa bergabung besok mendarat di Indonesia. Lalu Marselino menyusul, kami akan terus komunikasi dengan klub di mana mereka berada."

"Jadi kami sampaikan ini mungkin melihat latihan terakhir saya sebagai Ketum, saya memberikan motivasi, yang jelas saya sudah sampaikan ke STY terus melatih timnas agar timnas lebih baik dan bisa banggakan," tutur Iriawan.

Baca Juga

Mundur dari Kontestasi KLB PSSI, Fary Djemi Dukung Erick Thohir

Iriawan menjelaskan bahwa selama dirinya memimpin PSSI sejak 2 November 2019 sudah banyak progres yang ditunjukkan Timnas Indonesia, termasuk peningkatan ranking FIFA dari 179 ke 151.

Prestasi itu dicapai Iriawan beserta jajarannya di tengah situasi pandemi COVID-19 yang sempat menghantam dunia selama dua tahun terakhir.

"Saya pikir teman-teman bisa melihat, timnas ada berbagai kelompok, bukan saya yang hebat, tapi mereka yang menyampaikan hasil baik, ranking FIFA dari 179 ke 151, kami baru berjalan (efektif) 1 tahun 5 bulan, (karena ada) COVID-19 2 tahun," ujar Iriawan.

"Mereka sudah lolos ke Piala Asia. Timnas Wanita juga lolos ke Piala Asia meski tidak berlanjut (ke babak berikutnya). Itu sudah 33 tahun (tidak tampil di Piala Asia Wanita)," ujarnya.

"Kemarin cikalbakal (tim nasional), yaitu Timnas U-16 bisa juara AFF, akhirnya ada pemain yang bagus (muncul) seperti Iqbal Gwijangge yang berangkat ke Hungaria. Kita harus percaya proses, tidak mungkin tiba-tiba (berhasil). Saya yakin kepengurusan baru bisa (membawa timnas ke) ranking 100, semoga bisa tercapai," tutur mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya itu. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Sedih Iwan Bule Segera Purnatugas, Shin Tae-yong Kenang Momen Berkesan

#Mochamad Iriawan #KLB PSSI #PSSI #Timnas U-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan