Jelang Puasa, Sahur Jangan Asal Kenyang

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 21 Maret 2023
Jelang Puasa, Sahur Jangan Asal Kenyang
Makan sahur memang penting dilakukan agar seseorang bisa menyimpan energi untuk menghadapi puasa selama seharian. (Foto: Unsplash/Carles Rabada)

MENJELANG puasa, ahli gizi Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MKM, RD mengingatkan agar masyarakat menyingkirkan persepsi makan sahur asal kenyang. Sebab masyarakat biasanya menyantap makanan sahur yang dominan dan penuh karbohidrat.

Makan sahur memang penting dilakukan agar seseorang bisa menyimpan energi untuk menghadapi puasa selama seharian.

Karbohidrat memang menjadi asupan utama, tapi Fitri juga mengingatkan bahwa karbohidrat menjadi sumber energi yang diproses tubuh lebih dulu sehingga simpanan energi akan lebih cepat habis.

"Cuma, kan, karbohidrat ini kan diproses menjadi energi ini duluan, nih, paling cepat dihasilkan dan paling cepat habis. Oleh karena itu, makan jangan karbohidrat saja," kata Fitri yang juga berpraktik di RSUPN dr Cipto Mangunkusumo, seperti dilansir ANTARA.

Baca juga:

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Habis Sahur, Apa Aja?

Jelang Puasa, Sahur Jangan Asal Kenyang
Pentingnya mendapatkan sumber energi dari jenis pangan lainnya. (Foto: Unsplash/Dan Gold)

Oleh karena itu, Fitri menggarisbawahi pentingnya mendapatkan sumber energi dari jenis pangan lainnya yang mengandung protein hewani dan nabati, lemak dalam jumlah terbatas, hingga serat dari sayur-sayuran, dan buah-buahan.

"Supaya merasa kenyang yang nggak cepat hilang, juga kan dicerna paling terakhir itu adalah sumber serat. Sumber serat itu kita ambilnya dari sayuran, dari buah," kata Fitri.

Serat yang ada di dalam sayur dan buah juga dapat membantu pelepasan gula darah menjadi lebih lambat. Dengan begitu, lanjut Fitri, kondisi gula darah tidak langsung melonjak tinggi ketika seseorang makan sahur maupun berbuka.

"Jadi pelepasannya lambat (pada serat) dan itu juga yang mempengaruhi kita mendapatkan energinya lebih stabil," ujarnya.

Baca juga:

Aktivitas Penuh Pahala Meski #DiRumahAja

Jelang Puasa, Sahur Jangan Asal Kenyang
Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan harian. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)


Menjelang puasa, Fitri juga mengingatkan pentingnya seseorang untuk membiasakan diri makan secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan tetap berolahraga supaya tubuh tetap fit saat menjalankan ibadah puasa.

Kebutuhan gizi seseorang saat menjelankan puasa tidak berbeda dengan kebutuhan gizi pada hari biasanya. Yang membedakan hanya adanya pergeseran waktu makan dengan aktivitas keseharian yang relatif tidak berubah signifikan. Oleh sebab itu, kata Fitri, makan sahur dengan gizi yang cukup harus menjadi fokus sehingga tubuh tetap fit, terutama pada pekerja.

"Minum air putih kalau pada saat sahur jangan lupa, itu paling nggak dua gelas minum air putih. Dengan begitu cukup kita bisa melakukan aktivitas secara normal. Jadi nanti gula darahnya tidak misalnya jam 10 atau jam 11 sudah nge-drop dan sudah lemas," tutupnya. (and)

Baca juga:

Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Terhindar dari Stres

#Puasa #Menu Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan