Jelang Puasa dan Idul Fitri, Jakarta Tambah Personel Satpol PP Kemacetan, hiruk-pikuk porter dengan troli serta pedagang kaki lima (PKL) yang memenuhi sudut jalan lingkar Pasar Tanah Abang. (MerahPutih.com)

MerahPutih.com - Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta bakal ditambah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kawasan Pasar Tanah Abang dari menjamur pedagang dadakan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan, selain penambahan personel pihaknya juga sedang berupaya melakukan sosialisai pada para pedagang untuk tidak memakai trotoar sebagai lapak dagangannya.

Ilustrasi Satpol PP (MP/Asropih)
Ilustrasi Satpol PP (MP/Asropih)

"Personil kami tambah lagi. Prinsipnya yang namanya melanggar satpol PP tugasnya menegakan peraturan daerah," kata Arifin saat dihubungi Selasa (23/4).

Ia melanjutkan, jika upaya sosialisasi tidak bisa menengahi semua masalah ini, pihaknya akan menindak tegas para pelanggar.

"Pendekatan yang pertama memang dengan persuasif, edukatif. Nah kalau tidak bisa juga dikatakan dengan persuasif dan edukatif maka tindakan terakhir dengan represif, dengan tegas dan santun," tuturnya.

Pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara itu pada bulan Puasa dan menjelang Lebaran akan sangat padat pengunjung. Untuk itu kenyamanan para pengunjung menjadi prioritas utama dengan trotoar mesti steril dari PKL.

"Kita mengedukasi kepada semua pihak yang ada di Tanah Abang bahwa Tanah Abang itu memang Pusat sentra ekonomi, apalagi menjelang lebaran, tetapi juga orang yang datang ke sana kan butuh kenyamanan," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH