Jelang PPKM Darurat Diberlakukan, Pengguna KRL Anjlok

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 30 Juni 2021
Jelang PPKM Darurat Diberlakukan, Pengguna KRL Anjlok
Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

MerahPutih.com - Jumlah penumpang KAI Commuter terus mengalami penurunan. Hal ini tal lepas dari adanya kebijakan work from home (WFH) 75 persen. Apalagi, ada rencana bakal diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

KAI Commuter mencatat, hingga Selasa (29/6), pukul 17.00 WIB, volume pengguna kereta rel listrik (KRL) sebanyak 231.177 orang atau berkurang 11 persen dibanding Senin (28/6) di waktu yang sama yaitu 259.366 orang.

“Meskipun terjadi penurunan, KAI Commuter tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan baik di stasiun maupun di dalam KRL,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (30/6).

Baca Juga:

Jumlah Tes Acak Penumpang KRL Ditambah Dua Kali Lipat

Sementara itu, selama sepekan volume pengguna KRL sejak penerapan PPKM Mikro pekan lalu terus berkurang.

KAI Commuter mencatat pekan lalu volume pengguna di hari kerja sebanyak 1.835.326 pengguna atau 367.065 pengguna per hari.

Angka ini berkurang 20 persen dibanding dua pekan lalu sebelum penerapan PPKM Mikro yang mencapai 2.306.928 pengguna atau 461.386 pengguna per hari.

KAI Commuter mengimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran dari pemerintah dengan beraktivitas dari rumah dan memanfaatkan KRL sebagai transportasi untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.

"Tetap terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbuh Anne.

Tes COVID-19. (Foto: Antara)
Tes COVID-19 di stasiun. (Foto: Antara)

Sementara itu, KAI Commuter juga menambah kuota tes antigen di enam stasiun kereta rel listrik.

Jika pekan lalu ada 150 tes antigen dalam sehari, maka mulai pekan ini total ada 300 tes antigen dalam sehari. Pelaksanaan tes acak berlangsung tiap hari.

“Pekan kedua pelaksanaan tes acak antigen diikuti antusias oleh calon pengguna KRL di enam stasiun,” kata VP Anne.

Tes antigen yang berlangsung sejak Senin (21/6) lalu hingga saat ini terus diadakan di enam stasiun yaitu Stasiun Bogor, Cikarang, Bekasi, Tangerang, Tanah Abang, dan Stasiun Manggarai.

Pada pekan pertama, sebanyak 912 calon pengguna KRL mengikuti tes antigen dan 48 orang di antaranya hasilnya reaktif.

Sekadar informasi, melihat kasus COVID-19 yang terus melonjak di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan menetapkan PPKM darurat.

Rencananya, PPKM darurat akan diterapkan mulai Rabu (30/6).

Berdasarkan kabar yang beredar, Selasa (29/6), Presiden Jokowi kembali menggelar rapat terbatas (ratas) tentang penanganan COVID-19.

Dikabarkan pada ratas kali ini, Jokowi akan membahas penerapan kebijakan PPKM darurat untuk menghentikan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia yang semakin cepat.

PPKM darurat yang akan diberlakukan tersebut, rencananya akan menutup perkantoran bukan sektor penting sehingga pekerja diharuskan bekerja di rumah atau work from home.

Selain itu, akan menutupan pusat perbelanjaan (mal). Perjalanan udara domestik akan diizinkan hanya bagi mereka yang telah divaksinasi dan memiliki hasil tes PCR negatif.

Baca Juga:

Pengguna KRL Terus Menurun Sejak Peningkatan Kasus COVID-19

Belum diketahui pasti apakah langkah-langkah baru akan berlaku secara nasional atau hanya untuk wilayah zona merah, di mana kasus telah meningkat tajam bulan ini.

Jika benar skenario pembatasan darurat ini diberlakukan, maka mirip PSBB pada awal pandemi 2020 lalu.

Saat ini, PPKM mikro telah diberlakukan pemerintah dengan aturan 25 persen pekerja bekerja di kantor dan makan di restoran sebanyak 25 persen dari kapasitas.

Kebijakan PPKM mikro sendiri telah diberlakukan sejak Februari 2021, dan terus diperpanjang hingga kini.

Penambahan kasus COVID-19 yang melonjak tajam terjadi dalam sepekan ini di bulan Juni 2021, melewati angka 20 ribu kasus per hari.

Pada 27 Juni ada penambahan kasus 21.342 dan 28 Juni sebanyak 20.694 kasus. (Knu)

Baca Juga:

Puluhan Orang Ditemukan Reaktif COVID-19, Pengguna KRL Diminta Pakai Masker Ganda

#Penumpang KRL #Kereta Rel Listrik (KRL) #PPKM #COVID-19
Bagikan
Bagikan