Jelang PON XX Papua, Pangdam Cenderawasih Siap Amankan Wilayah Papua Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring (Foto: papuasatu.com)

MerahPutih.Com - Sebagai penanggung jawab teritorial, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih menjadi tulang punggung keamanan wilayah Papua. Apalagi tahun 2020 akan berlangsung event nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Pangdam Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring menjamin keamanan pelaksanaan PON XX di Papua. Bukan hanya itu, Mayjen Yosua juga mendukung penuh pesta olahraga nasional yang baru pertama kali berlangsung di bumi Papua tersebut.

Pernyataan ini disampaikan Mayjen Yosua Pandit Sembiring ketika menjawab pertanyaan salah satu peserta dalam silaturahmi Pangdam XVII/Cenderawasih dengan insan pers Jayapura, di Aula Tony Rompis Makodam, di Bukit Poimak.

"Saya jamin. Kami mendukung penuh jelang dan pelaksanaan PON XX di Papua," kata Mayjen Yosua Pandit di Jayapura, Selasa (13/11) kemarin.

Menurut dia, PON merupakan agenda nasional yang harus didukung penuh oleh semua pihak agar bisa berjalan aman dan lancar, bukan saja menjadi tanggung jawab satu atau dua institusi/lembaga.

"PON merupakan event nasional, sehingga semua pastinya akan mendukung dan harapannya masyarakat juga mendukung," katanya.

Panglima Kodam Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring
Panglima Kodam Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring (Foto: Antaranews)

Pangdam Cenderawasih menyatakan bahwa insan pers merupakan mitra strategis bagi jajaran TNI dalam menyampaikan pencapaian kinerja anggota dan satuan kerja kepada khalayak luas atau kepada masyarakat Papua.

"Saya juga membutuhkan saran dan masukan, hingga kritikan dari seluruh rekan pers di Jayapura dalam melaksanakan tugas dan kebijakan di lapangan," katanya.

Terkait berita hoaks, Pangdam Cenderawasih ini mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh penyampaian informasi yang benar dan akurat, bukan hoaks.

"Karena informasi hoaks bisa membuat masalah. Kami bersama Polri, terutama Polda Papua sudah komitmen untuk memberikan edukasi kepada semua pihak bahwa berita tidak benar atau hoaks tidak perlu dipercaya tetapi dikonfirmasi kembali, dicek kebenarannya," kata Mayjen Yosua Pandit Sembiring.

Secara terpisah, Sekretaris AJI Jayapura Anang Budiono mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang digelar oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih.

"Ya, sebagai mitra kerja, mitra strategis ini juga acara saling mengenal pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Papua dengan wartawan," katanya.

Anang yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua mendukung penuh sikap Kodam Cenderawasih dan Polda Papua dalam memberantas berita hoaks yang banyak beredar.

"Ya, saya sepakat untuk bagaimana berita hoaks ini diantisipasi oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih," katanya pula.

Dalam silaturahmi itu, nampak hadir para ketua organisasi pers seperti Ketua Indonesia Journalist Network atau Jaringan Jurnalis Indonesia Provinsi Papua dan Papua Barat Roberth Vanwi, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura Lucky N Ireeuw, dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Papua Mierto Tangkepayung.

Lalu, Kepala Biro LKBN Antara Provinsi Papua Anwar Maga, Pemimpin Redaksi koran harian Wone Yudhi Efendi K, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua (HPP), Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dan sejumlah wartawan/kontributor media cetak/daring lokal dan nasional.

Beberapa jam sebelumnya, Kapolda Papua bersilaturahmi dengan insan pers Jayapura di Aula Rastra Samara, Mapolda, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Periksa Ratna Sarumpaet, Polda Metro Jaya Ungkap Penipuan Senilai Rp23 Triliun


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH