Jelang Pendaftaran Dibuka, Dua Calon Independen Ini Bakal Datangi Kantor KPU Solo Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah, Nurul Sutarti, Senin (17/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah, Nurul Sutarti mengungkapkan sudah ada dua bakal calon independen yang akan mendaftar di KPU Solo untuk ikut sebagai peserta Pilwalkot Solo 2020.

Kedua bakal calon tersebut adalah Bagyo Wahyono dan FX Supardjo (Bajo) dan Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam). Kedua pasangan ini akan mendaftar ke KPU Solo, Jumat (21/2).

Baca Juga:

Calon Independen di Pilwalkot Solo Klaim Sudah Kumpulkan 35.000 KTP Dukungan

"Kedua timses calon independen sudah menghubungi KPU Solo. Mereka akan datang mendaftar sebagai peserta Pilwalkot Jumat besok," ujar Nurul dalam konferensi pers di Kantor KPU Solo, Senin (17/2).

Pilwalkot Solo bakal diramaikan dengan dua pasangan dari jalur independen
KPU Solo, Jawa Tengah menggelar konferensi pers terkait persiapan pendaftaran bakal calon independen di Pilwakot Solo, Senin (17/2). (MP/Ismail)

Nurul mengatakan sesuai aturan KPU pendaftaran bakal calon independen dimulai tanggal 19-23 Februari. Diketahui pasangan calon perseorangan dalam Piwalkot Solo 2020, harus menyerahkan syarat dukungan paling sedikit 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir sejumlah 421.999 orang, yaitu dibulatkan 35.870 orang pendukung.

"Kami sudah memberikan username dan password kepada dua bakal calon perseorangan sebagai syarat untuk masuk ke aplikasi Silon (Silon). Syarat dukungan berupa e-KTP bisa dimasukkan secara online di KPU," kata dia.

Pasanga Bajo, kata dia, menjadi satu-satunya calon independen yang sudah memasukkan e-KTP secara online di KPU, dengan total KTP terkumpul 40.843 dukungan. Sementara penyerahan syarat dukungan secara fisik berupa fotocopy identitas (KTP) dan surat pernyataan dukungan bermaterai ke Kantor KPU, Jumat (21/2) pukul 09.00 WIB.

Ketua timses pasangan Bajo, Sutrisno membenarkan akan mendaftar ke KPU Solo Solo pada Jumat ini. Semua syarat dukungan sebanyak sebanyak 40.843 e-KTP akan diserahkan ke KPU Solo.

Baca Juga:

Bakal Calon Independen Ini Mundur dari Pilwalkot Solo

"Sebanyak 40.843 e-KTP sudah kita masukkan secara online. Sementara bentuk bentuk fisik fotocopy diserahkan ke KPU pada Jumat besok," tandasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah

Baca Juga:

Tiga Bakal Calon Independen Maju di Pilwakot Solo, Satu Orang Eks Relawan Jokowi-Ma'ruf



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH