Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Polda Jateng Terjunkan Satu SSK Amankan Solo Kapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai memberikan keterangan terkait pengamanan Kota Solo, Jawa Temgah, jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Rabu (16/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Polda Jawa Tengah menerjunkan sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang diberikan tugas khusus membantu mengamankan Kota Solo saat pelantikan presiden dan waki presiden Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024 pada Minggu (20/10).

Anggota satuan tersebut terdiri dari Brimob dan Dalmas.

Baca Juga:

Polri Waspadai Serangan Teror Gagalkan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai, mengungkapkan satu SSK tersebut sifatnya hanya diperbantukan untuk berjaga-jaga mengantisipasi hal yang tidak terduga. Pasukan bantuan dari Polda Jawa Tengah ini mulai tiba di Solo pada Jumat (11/10) sampai pelantikan selesai.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai sebut pihaknya siap amankan pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai (MP/Ismail)

"Kami baru menggeluarkan pasukan khusus ini kalau dibutuhkan. Kalau situasinya aman tetap stanbay di Mapolresta Surakarta," kata dia.

Andy mengatakan Polresta Surakarta menerjunkan dua pertiga kekuatan untuk mengamankan Solo pada hari H pelantikan atau Minggu besok. Polri rencananya juga akan mengirimkan pasukan khusus untuk turut mengamankan Solo.

"Berapa jumlah personel bantuan langsung dari Polri kami kurang tahu. Yang jelas pasukan itu bisa menambah kekuatan di Solo," kata dia.

Ia mengungkapkan H-4 pelantikan sudah melakukan patroli keliling selama 24 jam secara bergilir. Patroli ini gabungan dari TNI dan Polri dalam skala besar dengan sasaran pintu masuk Solo.

"Kami juga menggelar razia di pintu masuk dan keluar Solo pada malam hari dan dini hari. Penyisiran di lokasi yang dianggap rawan juga kita lakukan," paparnya.

Ia mengatakan objek vital di Solo seperti kantor polisi, tempat ibadah, stasiun, terminal, kantor pemerintahan, KPU, dan Bawaslu bakal dijaga ketat. Sementara untuk pengamanan daerah VVIP atau sekitar kediaman Presiden Jokowi, lanjut Andy dilakukan dengan pola berlapis.

Baca Juga:

IPW Ingatkan Intelijen Waspadai 3 Kelompok Ingin Gagalkan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

"Pola berlapis yang kita maksudkan adalah pengamanan ring 1 dilakukan oleh Paspampres, ring 2 dan 3 pengamanan dilakukan dari satuan wilayah, terdiri gabungan antara kepolisian dan TNI," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Seluruh Kekuatan TNI AD Dikerahkan pada Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH