Jelang Pelantikan Firli Bahuri, Belasan Pegawai KPK Mundur Berjamaah Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.Com - Resistensi terhadap pimpinan KPK Jilid V dan UU KPK hasil revisi semakin kencang saja. Wakli Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang mengungkapkan terdapat beberapa pegawai KPK yang akan mengundurkan diri.

"Hari ini saya tanda tangan lagi tuh, beberapa (pegawai) mau keluar lagi. Mudah-mudahan enggak tambah lagi lah yang mau keluar," kata Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Baca Juga:

Muncul 'Raja Kecil' di KPK, IPW Nilai Disebabkan Pimpinan Kurang Berwibawa

Saut menyebut keluarnya para pegawai KPK akibat dari diberlakukannya UU nomor 19 tahun 2019 atas perubahan UU nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sejumlah pegawai KPK saat menggelar aksi di Gedung KPK Jakarta beberapa waktu lalu
Sejumlah pegawai KPK saat menggelar aksi di Gedung KPK, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu (Foto: antaranews)

"Yes (karena UU KPK yang baru berlaku)," ungkap dia.

Kendati demikian, Saut enggan membeberkan siapa saja yang akan berhenti menjadi pegawai di KPK. Menurut Saut sejauh ini sudah ada 12 pegawai yang mengundurkan diri.

Baca Juga:

Politisi PDIP Wanti-Wanti Wadah Pegawai KPK Tak Kebakaran Jenggot Dengan Dewan Pengawas

"Sampai hari ini ada 12. Ya kita enggak bisa menghalangi orang kalau mau pindah karirnya, mungkin dia lebih nyaman di tempat lain," pungkas Saut Situmorang.(Pon)

Baca Juga:

Tiga Pegawai KPK Mundur Karena Tidak Ingin Jadi Pegawai Negeri

Praktisi Hukum Sarankan Presiden Jokowi Segera Buka Nama-Nama Dewan Pengawas KPK

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH