Jelang Natal dan Tahun Baru, Bulog Bakal Gelar Operasi Pasar Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Bulog Subdivre III Wilayah Surakarta, Jawa Tengah, melakukan operasi pasar (OP) beras di sejumlah titik di Kota Solo untuk mengantisipasi harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kegiatan OP tersebut dilakukan di sejumlah titik di Kota Solo, dimulai sejak Jumat (8/12) hingga waktu yang belum ditentukan guna antisipasi harga," kata Kepala Perum Bulog Subdivre III Surakarta Titov Agus Sabelia seperti dikutip dari Antara di Solo, Jumat (15/12).

Menurut Titov, sejumlah tempat yang bakal dilakukan OP antara lain digelar di Pasar Gede, Legi, Harjodasino, Jongke, Nusukan, dan baik empat kantor kecamatan maupun dinas.

"Kegiatan OP yang mengajukan Pemkot Surakarta, sedangkan kabupaten lain belum mengajukan," kata Titov Agus.

Ia mengatakan ,harga beras pada OP dijual Rp 8.000 per kilogram, dan masyarakat menyambut cukup antusias untuk membeli beras kualitas medium setiap paket per lima kg ditawarkan Rp 40 ribu.

Harga beras kualitas medium di pasar kini rata-rata dijaul hingga Rp 9.500 per kg, sedangkan premium mencapai Rp 12.000 per kg, tetapi kegiatan OP ini, ditawarkan hanya Rp 8.000 per kg.

"Pada OP beras rata-rata mampu menghabiskan beras satu ton hingga 1,5 ton per hari. Kami selama kegiatan OP total sudah menghabiskan beras sebanyak 4,2 ton," katanya.

Kendati demikian, Titov berharap dengan digelar kegiatan OP dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan beras lebih murah dibanding harga di pasar.

Ia mengatakan, Bulog Subdivre III Wilayah Surakarta hingga pertengahan Desember ini, masih mempunyai stok yang mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di eks Keresidenan Surakarta hingga tiga bulan ke depan.

Bulog dalam mengadaan gabah atau beras pada 2017 realisasinya sudah mencapai 64.045 ton setara beras, sedangkan kegiatan penyaluran rastra di wilayah Kota Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen tahun ini, sudah selesai seluruhnya pada awal bulan. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH