Jelang Libur Panjang, Pengawasan Prokes di Terminal Kampung Rambutan Diperketat Suasana mudik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Senin (3/6/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Merahputih.com - Operator Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mengantisipasi lonjakan keberangkatan penumpang dengan memperketat pengawasan protokol kesehatan COVID-19. Hal itu dilakukan menjelang libur cuti bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Pengawasan protokol kesehatan kita perkuat lagi, dimulai sejak penumpang masuk kawasan terminal," ujar Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jhoni, di Jakarta, Senin (26/10).

Baca Juga

Ganjil-Genap Kembali Ditiadakan Hingga 8 November

Untuk agenda pemberangkatan penumpang, pengawasan kesehatan dimulai dengan mengukur suhu tubuh di pintu masuk. "Pertama, kita sediakan sarana dan prasarana seperti wastafel lalu thermogun," beber dia.

Suhu di atas 38 derajat celsius akan dilarang oleh petugas jaga masuk ke lingkungan terminal, bahkan petugas siap mendampingi ke posko kesehatan terdekat.

Bagi penumpang yang memiliki suhu tubuh normal akan diarahkan petugas menuju ruang registrasi pemberangkatan di sekitar zona pembelian tiket perjalanan.

Terdapat dua petugas siaga yang akan meminta penumpang menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter, salah satunya tidak pilek maupun batuk.

Terhadap penumpang yang tidak bisa menunjukkan surat tersebut, kata Jhoni, diwajibkan mengisi aplikasi survei kesehatan mandiri berupa Vorona Likelihood Matric (CLM).

"Pendataan penumpang melalui aplikasi akan menentukan yang bersangkutan bisa berangkat atau tidak. Akan ada survei kesehatan," katanya.

Terminal Kampung Rambutan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bila lolos dari CLM, operator terminal menyiagakan petugas pos pengawasan di setiap bus yang akan diberangkatkan, misinya adalah memastikan seluruh penumpang menggunakan masker dan memiliki cairan pencuci tangan.

"Nanti di dalam bus ada pos pengawasannya, jadi memastikan penumpang memakai masker dan membawa cairan pencuci tangan," katanya.

Selain itu, petugas akan memastikan bahwa jumlah penumpang bus hanya 50 persen dari total kapasitas tampung. Namun rangkaian protokol kesehatan itu tidak berlaku untuk kedatangan penumpang di terminal, sebab protokol kesehatan sudah diberlakukan di terminal keberangkatan daerah masing-masing.

Made Jhoni menambahkan situasi penumpang di Terminal Kampung Rambutan hingga Ahad (25/10) mengalami peningkatan.

"Ahad kemarin datanya cuma 800 orang yang berangkat. Hari ini juga belum terlihat (ada peningkatan). Mungkin besok, Selasa (27/10), karena selama COVID-19 ada libur panjang, memang ada peningkatan. Cuma kalau lonjakan tidak ada," beber dia dikutip Antara.

Baca Juga

Penumpang Kereta Meningkat, Rapid Test Diminta Sehari Sebelum Berangkat

Tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 telah ditetapkan sebagai cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sesuai Surat Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2020.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada 29 Oktober. Sementara tanggal 31 Oktober dan 1 November 2020 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu yang merupakan libur akhir pekan. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lakalantas Turun 10,06 persen di Minggu ke-31 2020, Paling Tinggi di Jatim
Indonesia
Lakalantas Turun 10,06 persen di Minggu ke-31 2020, Paling Tinggi di Jatim

Sementara pada minggu ke-31, jumlah kecelakaan sebanyak 974 kejadian

AHY: Saya Salut dengan Moeldoko
Indonesia
AHY: Saya Salut dengan Moeldoko

AHY menyatakan akan berkonsolidasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat

PN Jakpus Lockdown, Sejumlah Hakim Positif COVID-19
Indonesia
PN Jakpus Lockdown, Sejumlah Hakim Positif COVID-19

Bambang pun merinci jumlah pegawai dan hakim yang reaktif maupun positif COVID-19

Ojol Berkerumun Beli Menu Baru BTS, McDonald's Stasiun Gambir Disegel
Indonesia
Ojol Berkerumun Beli Menu Baru BTS, McDonald's Stasiun Gambir Disegel

"Kemungkinan di tempat lain, ketika orderan banyak tersebut langsung clousing. Beda sama McDonald's di sini, orderannya diterima terus," ungkap Alek.

Tak Ditahan, Lois Owien Tetap Tersangka
Indonesia
Tak Ditahan, Lois Owien Tetap Tersangka

Dr Lois pun telah berjanji untuk tidak melarikan diri serta menghilangkan barang bukti

KAI Daop 6 Yogyakarta Tambah Dua Perjalanan Kereta Api di Libur Isra Miraj
Indonesia
KAI Daop 6 Yogyakarta Tambah Dua Perjalanan Kereta Api di Libur Isra Miraj

Tren perjalanan penumpang jarak jauh akhir-akhir ini meningkat. Khususnya pada liburan akhir pekan atau libur hari besar.

Trump Sempat Ajukan Penyerangan Fasilitas Nuklir Iran
Dunia
Trump Sempat Ajukan Penyerangan Fasilitas Nuklir Iran

Presiden AS Donald Trump pada pekan lalu sempat mengajukan opsi untuk menyerang situs nuklir utama milik Iran.

DPR Tetap Bahas RUU Cipta Kerja
Indonesia
DPR Tetap Bahas RUU Cipta Kerja

Dalam masa pandemi ini, DPR tetap menjalankan fungsi legislasi secara maksimal, dan telah mengesahkan metode rapat virtual.

Mutasi COVID-19 B117 Disebut Lebih Cepat Menular dan Ganas, Ini Kata Kemenkes
Indonesia