Jelang Lebaran, Pilih Hadiah yang Tepat untuk Buah Hati Tercinta Memilih mainan yang tepat untuk buah hati tercinta (Foto: happy club)

WAKTU hari raya Idul Fitri atau lebaran tiba, adalah saat dimana kamu dan anggota keluarga bisa saling berkumpul satu sama lain. Satu hal yang umum dilakukan banyak orang saat hari raya umat muslim terbesar tersebut adalah berbagi rezeki, tidak lupa untuk memberi hadiah untuk buah hati tercinta, mainan misalnya. Karenanya, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan hadiah yang tepat untuk buah hati tercinta.

1. Cari Mainan yang Edukatif

Jelang Lebaran, Pilih Hadiah yang Tepat untuk Buah Hati Tercinta
Carilah Mainan yang Edukatif untuk Buah Hati (Foto: My Devon Wood)

Pilihlah mainan yang bisa membuat buah hati tercinta mengasah kemampuan otak. Seperti membelikannya puzzle, atau mainan yang blok susun yang populer di kalangan anak-anak.

Mainan seperti boneka atau robot-robotan juga boleh, karena nyatanya mainan tersebut juga dapat mengasah imajinasi dan kemampuan berbahasa si buah hati.

2. Ketahui Minat Anak

Jelang Lebaran, Pilih Hadiah yang Tepat untuk Buah Hati Tercinta
Ketahui Minat buah hati dalam memilih mainan (Foto: Pixabay/thedanw)

Apakah anak tersebut suka dengan karakter superhero? Atau dia suka dengan mobil-mobilan? Atau ia suka bermain masak-masakan?

Carikan mainan yang cocok dengan minat sang buah hati. Selain mengasah ketertarikan anak, memberi hadiah sesuai minat anak tentu lebih bermanfaat dan semakin mendekatkanmu pada sang anak.

3. Daya Tahan Mainan Anak

Jelang Lebaran, Pilih Hadiah yang Tepat untuk Buah Hati Tercinta
Cari mainan yang aman dan awet (foto: Pixabay/pixel 2013)

Ketahuilah apakah mainan tersebut terbuat dari bahan yang tahan lama dan awet, biasanya mainan tersebut diberi label SNI. Dengan adanya label SNI, tentunya mainan yang kamu pilih akan aman untuk buah hati. Penting juga untuk memperhatikan batasan umur untuk suatu mainan.

Penting untuk menghindari mainan yang memiliki senyawa berbahaya dalam kandungannya, karena itu akan sangat berbahaya ketika dimainkan tanpa pengawasa orang tua.

4. Hindari Mainan yang Cenderung Berbahaya

Jelang Lebaran, Pilih Hadiah yang Tepat untuk Buah Hati Tercinta
Hindari mainan yang bisa membahayakan sang buah hati (Foto: CBC)

Dengan menghindari atau tidak membelikan mainan yang cenderung berbahaya untuk anak, akan membuat orang tua merasa lebih aman saat buah hati memainkan mainan tersebut.

Jika kamu membeli mainan seperti tembak-tembakkan, lihatlah apakah mainan tersebut aman untuk si kecil dari segi apapun. Kamu bisa memilih pistol air dibandingkan mainan sejenis yang bisa membahayakan. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH