Jelang Lebaran, Pasar Tradisional di Solo Dipadati Pengunjung Pasar Harjodaksino Solo, Jawa Tengah dipadati banyak pengunjung jelang Lebaran, Sabtu (23/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sehari menjelang Lebaran pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah dipadati banyak pengunjung untuk membeli kebutuhan Lebaran, Sabtu (23/5). Banyaknya pengunjung di pasar tersebut menimbulkan kerumunan dan rawan terjadi penularan virus corona atau COVID-19.

Pantauan MerahPutih.com di Pasar Harjodaksino, Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah pengunjung mulai memadati pasar tradisional sejak pukul 05.00 WIB. Sebagian besar pengunjung datang untuk berbelanja kebutuhan makanan Lebaran.

Baca Juga

Kasus Positif Corona Meningkat, Pemerintah Diminta tak Main-main Kendorkan PSBB

Selain itu, kemunculan pedagang musiman penjual kebutuhan Lebaran seperti ketupat di jalan pintu masuk pasar membuat arus lalu lintas di pasar tersendat. Banyaknya pengunjung yang datang berbelanja di pasar, membuat mereka lupa akan pentingnya menjaga jarak dan berkerumun agar terhindar dari tertular virus corona atau COVID-19.

Bahkan, pembeli dan pedagang juga masih terlihat ada yang tidak memakai masker masih bebas keluar masuk pasar. Pemandangan serupa juga terjadi di Pasar Gading, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon. Banyaknya pengunjung berdesak-desakan masuk pasar untuk membeli barang kebutuhan Lebaran.

"Pasar Harjodaksino sejak pukul 05.00 WIB sudah ramai. Padahal, pada hari biasa kondisi pasar sepi. Saya mau berbelanja kebutuhan makan untuk Lebaran saja harus berdesak-desakan," ujar Sriatun (40) kepada Merahputih.com

Pasar Harjodaksino Solo, Jawa Tengah dipadati banyak pengunjung jelang Lebaran, Sabtu (23/5). (MP/Ismail)
Pasar Harjodaksino Solo, Jawa Tengah dipadati banyak pengunjung jelang Lebaran, Sabtu (23/5). (MP/Ismail)

Tidak hanya itu, lanjut dia, untuk mencari parkir sepeda motor saja sulit karena penuh pengunjung. Meskipun keluar rumah untuk berbelanja, ia tetap memakai masker.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi, membenarkan adanya peningkatan signifikan pengunjung di pasar tradisional di Solo pada H-1 Lebaran. Meskipun kondisi pasar ramai penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan.

Baca Juga

Imbas Corona, Pendapatan KAI Anjlok

"Kami pantau keramaian pasar tradisional jelang Lebaran masih terbilang wajar. Tidak sampai terjadi kerumunan parah," kata Heru. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH