Jelang Larangan Mudik, ASDP Operasikan 29 Kapal Ro-ro

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 05 Mei 2021
 Jelang Larangan Mudik, ASDP Operasikan 29 Kapal Ro-ro
Pelabuhan Merak. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak tetap mengoperasikan 29 kapal roll on-roll off atau ro-ro untuk melayani pemudik Lebaran 2021.

Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Heru Wahyono menegaskan, selama ini, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan normal, terlebih tidak terjadi penumpukan pemudik dibandingkan dengna dua tahun lalu.

Baca Juga:

Mudik Dilarang, Bandara Adi Soemarmo Solo Hanya Beroperasi 8 Jam

Pemudik pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung tanpa terjadi kemacetan. Diprediksikan kepadatan penumpang terjadi malam hingga dini hari hari, karena sudah menjadikan tradisi para pemudik.

ASDP Merak mengoperasikan kapal ro-ro sebanyak 29 armada dengan 52 trip dan semua pemudik bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kami menerapkan semua pemudik wajib memakai masker dan menjaga jarak guna mengendalikan pandemi itu," katanya.

Sejumlah penumpang mengaku bahwa mereka merasa lega setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa segera diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung tanpa terjadi antrean panjang.

"Kami tidak lama menunggu di dermaga Merak dan langsung bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera," kata Purwoto yang melakukan perjalanan dengan tujuan Lampung.

Tol Lampung. (Foto: Antara)
Tol Lampung. (Foto: Antara)

Sementara itu, menjelang pelarangan mudik Lebaran 2021 yang mulai berlaku pada Kamis (6/5), Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terlihat ramai dilalui kendaraan, baik mobil pribadi, bus, maupun truk pengangkut logistik.

Berdasarkan pantauan Antara, di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa (4/5), kendaraan roda empat yang menuju Sumatera, baik bus, mobil pribadi, maupun truk logistik mulai ramai, namun tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang.

"Dilihat dari kondisinya peningkatan kendaraan menuju Sumatera yang masuk melalui Gerbang Tol Bakauheni mulai terjadi, dibandingkan hari biasa," kata salah satu penjaga Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Roy, di Lampung Selatan, Rabu (5/5) dini hari.

Namun begitu, peningkatan arus lalu lintas sekarang tidak sebanyak pada Senin (3/5) yang terdata sebanyak 30 persen dari hari biasanya.

"Meski begitu, peningkatan volume kendaraan ini tidak sampai membuat kemacetan panjang di Gerbang Tol Bakauheni Selatan," katanya dikutip Antara.

Baca Juga:

Pengawasan Jalur Tikus Bakal Diperketat Cegah Pemudik Keluar Ibu Kota

#Bandar Lampung #Mudik #Larangan Mudik #Lebaran #Pelabuhan Merak Banten #Idul Fitri #Ramadan
Bagikan
Bagikan