Jelang Kurban, Begini cara yang Baik Mengolah Daging

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 21 Juni 2023
Jelang Kurban, Begini cara yang Baik Mengolah Daging
Sanitasi menjadi kunci utama untuk pengolahan daging. (Unsplash/Kyle Mackie)
SETIAP Hari Raya Idul Adha, konsumsi dari warga akan meningkat. Hal itu karena sebagian besar warga akan menerima daging kurban yang dibagikan.
Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengolah daging.
Baca Juga:
daging
Mengolah daging untuk dikonsumsi itu harus matang sempurna. (freepik/mdjaff)
"Mengolah daging untuk dikonsumsi itu harus matang sempurna. Pertama cuci bersih dulu, tempatnya bersih, air mengalir, lebih baik dibekukan terlebih dahulu," jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh.
Menurutnya, untuk suhu pengolahan sekitar 70 derajat sesuai waktu yang sudah ditentukan. Pada suhu tersebut, virus pada daging akan mati.
"Suhunya sekitar di atas 70 derajat ke atas, ada waktu pemasakannya. Beberapa virus itu ada yang belum mati. Seperti 60 derajat baru mati dalam waktu 30 menit," terangnya.
Baca Juga:
daging
Cuci bersih dulu, tempatnya bersih, air mengalir, lebih baik dibekukan terlebih dahulu. (Unsplash/Kyle Mackie)
Ia menyarankan agar sanitasi menjadi kunci utama untuk pengolahan daging. Seperti pisau, tangan, hingga tempat untuk mengemasnya.
"Di cuci bersih dulu dengan air mengalir. Tangan juga dicuci menggunakan sabun. Alat potongnya harus bersih, disarankan tempat pemotongan jangan dari bahan kayu, karena ketika dibersihkan masih ada sisa kayu yang menempel, lebih baik plastik yang sesuai peruntukannya," katanya. (Imanha/Jawa Barat)
Baca Juga:
#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan