Jelang Idul Fitri, Presiden Minta TNI Dukung Penuh Polri Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Presiden Joko Widodo meminta TNI mendukung Polri dalam memberikan keamanan dan ketertiban. Ia berharap, kedua institusi itu bersinergi demi memberikan rasa aman di masyarakat. Terlebih, menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri acara buka puasa bersama dengan jajaran keluarga besar TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6).

"Dan pada momentum menjelang Hari Raya Idul Fitri sekarang ini, saya minta TNI memberikan dukungan penuh pada Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Jokowi.

Kemudian, di hadapan jajaran keluarga besar TNI, Jokowi ingin memastikan apakah gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para prajurit TNI sudah diberikan sepenuhnya.

"Yang pertama sore tadi saya ingin memastikan apakah gaji ke-14 itu sudah diterima atau belum? ternyata baru 56% yang sudah menerima, sisanya 44% maksimal besok. Saya kira belum terlambat," kata Jokowi.

"Masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita. Terus tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme kerja kita," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga menegaskan, bahwa prajurit TNI mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengemban tugas menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pesan Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa Tentara Nasional Indonesia hak milik nasional yang selalu utuh dan tidak berubah, yaitu tidak berubah dalam menjaga NKRI dalam merawat Pancasila serta menguatkan persatuan dalam kebhinekaan," ucap Jokowi. (Pon)

Baca berita terkait acara buka bersama Presiden Jokowi lainnya di: Presiden Tegaskan TNI Punya Tanggung Jawab Jaga NKRI



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE