Jelang Idul Adha, Dinkes DKI Buka Gerai Vaksinasi di JIS

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 07 Juli 2022
Jelang Idul Adha, Dinkes DKI Buka Gerai Vaksinasi di JIS
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Jelang pelaksanaan salat Idul Adha, Minggu (10/7), Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI membuka gerai vaksinasi gratis di Jakarta International Stadium (JIS).

Ada 1.000 dosis per hari disiapkan Dinkes di setiap titik. Pelaksanaan vaksinasi tersebut menggunakan mobil keliling yang akan dibuka mulai Jumat (8/7) besok.

Baca Juga:

Kemenag Imbau Masyarakat Taat Prokes saat Idul Adha

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan, agar masyarakat segera melengkapi vaksin setidaknya mulai H-2 Lebaran Idul Adha.

"Masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah dapat melengkapi vaksinnya mulai besok Jumat, agar saat hari H semua yang hadir sudah melakukan vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan wajib sudah vaksin kedua bagi anak usia 6-17 tahun," terang Widyastuti pada Kamis (7/7).

Sedangkan, lanjut Widyastuti, anak di bawah 6 tahun tidak disarankan ikut hadir dalam salat Ied Idul Adha di JIS.

Selain di JIS, masyarakat juga bisa melakukan vaksin di layanan vaksinasi terdekat, baik di Puskemas, Rumah Sakit, Monumen Nasional, Taman, dan lokasi sentra vaksinasi lainnya.

Selain itu, diimbau bagi masyarakat yang akan melakukan salat Ied di JIS agar dalam kondisi sehat, tidak bergejala sakit, dan tidak sedang menjalani isolasi mandiri, serta memakai masker medis selama berada di lokasi acara.

Baca Juga:

JIS Jadi Tempat Salat Idul Adha, Jemaah Harus Sudah Vaksin Dosis ke-3

Masyarakat juga disarankan untuk mengambil air wudhu di rumah untuk mengurangi antrean, membawa peralatan salat sendiri, dan menyiapkan handphone untuk scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi di lokasi acara.

Untuk memastikan kebersihan lokasi, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta yang akan mengerahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area JIS yang akan digunakan untuk melaksanakan salat Ied berjamaah.

Masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk melakukan vaksin melalui aplikasi JAKI atau bisa datang langsung ke lokasi sesuai jadwal.

Jadwal dan lokasi vaksin booster di JIS sebagai berikut:

- Jumat, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis

- Sabtu, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjkarta, sebanyak 1.000 dosis

- Minggu, pukul 05.00-12.00, di Ramp Barat dan Ramp Timur, sebanyak 2.000 dosis. (Asp)

Baca Juga:

Bertepatan Idul Adha, CFD Sudirman-MH Thamrin Minggu Besok Ditiadakan

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Jakarta International Stadion (JIS) #Idul Adha #Salat Ied
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan