Jelang HUT RI, Presiden Bakal Hadiri Zikir Kemerdekaan Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit (kedua kanan) berbincang dengan pegiat media sosial (medsos) buka bersama. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo akan hadir dalam Zikir Kebangsaan jelang dirgahayu Indonesia ke-72 di kompleks Istana Negara, Jakarta pada Selasa (1/8).

"Presiden sebagai tuan rumah dijadwalkan hadir dalam acara tersebut," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Majelis Zikir Hubbul Wathan (MDHW) Hery Haryanto Azumi dalam jumpa persnya di Jakarta, Senin (31/8).

Hery Haryanto mengatakan, zikir bertema 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan Indonesia' tersebut akan diikuti 200 ulama se-Indonesia dengan total peserta 2000 orang. Zikir Kebangsaan digelar sebagai hasil kerja sama antara Istana Kepresidenan dengan MDHW.

Menurut dia, Zikir Kebangsaan tersebut merupakan wujud syukur kepada bangsa dan negara terhadap anugerah kemerdekaan Indonesia selama ini.

Jika di awal kemerdekaan, kata dia, perjuangan dengan mengangkat senjata, maka di masa kini lewat zikir dan berdoa dapat menjadi salah satu upaya mengisi kemerdekaan.

Lewat zikir, lanjut dia, masyarakat dapat bersyukur dan berdoa untuk kebaikan bangsa Indonesia yang tenteram dan damai. Hal tersebut dapat menjadi upaya tersendiri dalam mencintai Tanah Air.

"Zikir Kebangsaan bisa menjadi jalan mengatasi masalah kebangsaan sebagai bahasa spiritual. Lewat upaya ini dapat membuat manusia masuk dalam upaya menyelesaikan persoalan itu dari dalam dirinya sendiri," kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga dapat menjadi usaha menghayati nilai-nilai Pancasila yang mengakomodasi nilai-nilai Islam, mempromosikan sikap lapang dada dan toleransi serta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pendiri bangsa. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH