Jelang Debat Kandidat Pilkada Jatim: Khofifah Ziarah, Gus Ipul 'Ngopi' di Warkop Peserta menyaksikan diagram hasil survei PolMark Research Center (PRC) seputar Pilgub Jawa Timur 2018. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.com - Agenda debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur sebentar lagi akan diselenggarakan. Biasanya calon gubernur melakukan persiapan khusus, namun ada juga yang sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari.

Seperti Saifullah Yusuf (Gus Ipul) misalkan, yang lebih memilih nongkrong di warung kopi bersama teman-teman untuk menunggu waktu debat yang akan berlangsung Selasa (10/4) nanti.

"Rileks saja. Kalau persiapan khusus tidak ada. Semua persiapan sudah kita lalui. Jelang pendaftaran itu kan sudah termasuk persiapan." jelasnya kepada wartawan, Selasa (10/4).

Saifullah Yusuf saat ngopi di warkop. (MP/Budi Lentera)
Saifullah Yusuf saat ngopi di warkop. (MP/Budi Lentera)

Ia melanjutkan, persiapan lain juga sudah ia lakukan jauh-jauh hari seperti, sholat dhuha setiap hari sejak tiga bulan terkahir sudah menjadi rutinitas setiap harinya. Bahkan, tidak ada doa khusus menjelang pilgub saat melakukan sholat dhuha.

"Doa seperti biasanya. Untuk keselamatan dunia dan akherat. Itu aja kok." lanjut Gus Ipul.

Tak mengherankan jika Gus Ipul mengungkapkan hal tersebut. Karena, sebelumnya ia sudah punya pengalaman dalam menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat di dua periode sebelumnya.

"Yang jelas, tinggal kita matangkan visi misi atau program-program kita pada debat nanti." lanjut Gus Ipul.

Di tempat berbeda, calon lainnya, Khofifah Indar Parawansa lebih memilih berziarah dan berdoa di pemakaman Sunan Ampel. Tak hanya itu, Khofifah juga terus 'blusukan' sebagai navigasi program untuk Jatim ke depannya.

Khofifah Indra saat ziarah ke makam Sunan Ampel. (MP/Budi Lentera)
Khofifah Indra saat ziarah ke makam Sunan Ampel. (MP/Budi Lentera)

Menurutnya, dengan melakukan blusukan dan navigasi program adalah persiapan yang kongkrit.

"Dengan melihat langsung apa yang ada di lapangan, maka kita dapat bicara, mencerna dan merumuskan solusi masalah yang ada." jelasnya.

Seperti diketahui, Komisioner KPUD Jatim Gogot Cahyo Baskoro mengungkapkan, untuk tema debat pertama adalah Kesejahteraan Rakyat.

"Tema tersebut akan dipecah dalam beberapa subtema yang akan dibahas secara spesifik dienam babak," kata Gogot.

Adapun subtema yang dibawakan terkait pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan, konflik sosial, ideologi HAM, dan keperempuanan. Debat akan berlangsung pada pukul 19.30 di gedung Dyandra, Gramedia Ekspo, Surabaya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita terkait di: Ungkapan Khofifah di Istighatsah Pilkada Jatim Damai



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH