Jelang Cuti Bersama, Lakukan Hal ini Sebelum Meninggalkan Kantor Tinggalkan nomor hape di meja kerja saat akan cuti. (Foto: Pixabay/Kaboompics)

TIDAK terasa, cuti bersama tinggal hitungan hari. Hari ini merupakan terakhir bekerja sebelum cuti dimulai. Tentunya kamu sudah tidak sabar ingin segera berlibur. Ya kan, sob?

Liburan bersama orang tersayang, apalagi mudik, pastinya menyenangkan. Sepulang berlibur, pikiranmu akan lebih segar. Kamu juga bakal lebih bersemangat saat kembali bekerja.

Tapi tunggu dulu. Sebelum kamu meninggalkan kantor, setidaknya ada tujuh persiapan yang harus dilakukan.

Pertama, jangan tinggalkan meja kerja dalam keadaan berantakan dan kotor. Pastikan pula tidak ada barang berharga tergeletak di atas meja. Ingat, cuti bersama tahun ini lama lo. Sepuluh hari!

Meja kerja
Jangan tinggalkan meja kerja dalam kondisi kotor. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sisa makanan di laci bisa berjamur apabila kamu tinggalkan selama sepuluh hari. Belum lagi jika ada barang berharga tertinggal di atas meja. Kamu tidak dapat memastikan apakah barang tersebut tetap tersimpan di tempatnya dengan aman. Atau, malah hilang.

Agar aman, taruh barang berharga di laci atau lemari terkunci. Kedua, taruh laptop, speaker dan barang elektronik di dalam lemari. Jangan lupa, matikan semua perangkat elektronik sebelum pulang.

Selain mencegah kerusakan gadget akibat korslet, kamu juga bisa menghindari terjadinya kebakaran lantaran korsleting listrik. Masih soal listrik, cabut kabel ekstension. Tindakan ini dapat mencegah terjadinya korslet.

Langkah berikutnya adalah rapikan kolong meja. Dengan begitu, saat kembali ke kantor, kamu tidak perlu memulai aktivitas dengan membersihkan meja kerjamu. Termasuk kolong meja.

Kemudian, tulis nomor hapemu di kertas. Lalu tempel di meja kerjamu. Atau, berikan nomor hapemu kepada rekan kerja. Nomor hape akan berguna saat terjadi keadaan darurat terkait pekerjaan.

Terakhir, catat user name dan password laptop atau komputer. Meninggalkan benda-benda itu selama sepuluh hari jelas bisa membuat melupakan user name dan password. Daripada pekerjaanmu terhambat, kamu lebih baik mencatatnya.

Sehingga, kamu bisa langsung mengecek catatan tersebut saat lupa user name dan password laptop atau komputermu.

Jangan lupa, pastikan pula kamu telah menyelesaikan semua pekerjaan sebelum cuti. Hal ini penting agar pikiranmu tidak terbebani hutang pekerjaan selama berlibur.

Dengan jurus-jurus tersebut, kamu kini siap meninggalkan kantor dan berlibur. Selamat berlibur, sob! (Rin)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH