Jelang  Beroperasi, 5 Penerbangan Internasional Bakal Mendarat di Bandara Baru Yogyakarta Maket Bandara NYIA di Kulon Progo (Foto: Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Bandara baru Yogyakarta yang bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA) bakal segera beroperasi. Tepatnya, dua bulan lagi bandara yang terletak di Temon, Kulon Progo itu resmi dibuka.

Jelang beroperasi, tercatat sudah lima penerbangan internasional yang akan mendarat di Bandara NYIA.

Juru bicara Angkasa Pura 1 Bandara NYIA, Agus Pandu Purnama menjelaskan lima penerbangan tersebut berasal dari dua maskapai yakni Air Asia dan Silk Air.

"Air Asia ada penerbangan ke Malaysia dan Singpur dan juga Silk Air untuk penerbangan tujuan yang sama," ujar Pandu di Yogyakarta, Rabu (27/2).

Kelima slot penerbangan ini adalah pindahan dari Bandara Adisutjipto. Begitu NYIA dibuka, otomatis penerbangan internasional di Adisutjipto ditiadakan.

Kesibukan penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto
Suasana para penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta (MP/Teresa Vicka)

"Awal dibuka, hanya pesawat international yang mendarat di NYIA," kata Pandu.

Pihaknya akan memasang pemberitahuan perpindahan penerbangan internasional di bandara Adisutjipto mulai Maret 20129. Pemberitahuan ini berfungsi untuk menghindari kesalahan para calon penumpang pesawat internasional.

"Jangan sampai penumpang pesawat internasional salah datang ke Adisutjipto. Kasian mereka," kata dia.

Hingga kini progres pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah mencapai 76 persen. Landasan pesawat sudah hampi 80 persen selesai. Saat awal beroperasional, jam operational Bandara NYIA dimulai pukul 16.00-18.00 WIB.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Jelang Sidang Perdana, JPU Yakin Ratna Sarumpaet Bersalah Terkait Ujaran Kebohongan

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH