Jelajahi Negeri Dongeng, Kota Abad Pertengahan Cesky Krumlov tak akan Pernah Membosankan Kota Cesky Krumlov. (Foto: instagram.com/kim_youngseung)

PRAHA sebagai ibu kota Ceko selalu menarik perhatian para pelancong dunia sebagai tujuan wisata. Namun jangan cuma Praha, kamu sebaiknya coba menjelajahi kota lain untuk menikmati indahnya Ceko yang terkenal dengan bangunan-bangunan tuanya.

Dikutip Arah Destinasi, kamu bisa mengunjungi Cesky Krumlov yang berlokasinya tidak terlalu jauh dari Praha. Tersedia beberapa transportasi umum yang nyaman, baik bus maupun kereta api, atau kamu bisa menyewa kendaraan untuk perjalanan lebih menyenangkan.


1. Negeri dongeng abad ke-14

Cesky Krumlov. (Foto: instagram.com/aycpa)
Cesky Krumlov. (Foto: instagram.com/aycpa)

Kota Cesky Krumlov dikenal sangat indah bak negeri dongeng. Susana kota kecil ini seperti abad pertengahan dengan gedung-gedung tua mempesona. Di bagian tengahnya berdiri kastil yang dibangun pada abad ke-14, menempati lahan seluas 7 hektare dan dikelilingi perumahan masyarakat dengan arsitektur tak kalah indah.

Sungai Vltava yang membelah kota menambah pesona "negeri dongeng" Cesky Krumlov. Pada 1963, kota tersebut dinyatakan sebagai kawasan cagar budaya. Setelah dipugar, Cesky Krumlov kian menarik para pelancong dari berbagai negara.


2. Dua hari menikmati Cesky Krumlov

Kastil Cesky Krumlov. (Foto: instagram.com/abaumruku)
Kastil Cesky Krumlov. (Foto: instagram.com/abaumruku)

Kastil Cesky Krumlov menjadi salah satu objek wisata yang tak boleh dilewatkan. Pada tahun 1989, kastil tersebut ditetapkan menjadi monumen nasional, dan pada tahun 1992 seluruh kompleks menjadi Monumen Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Untuk menikmati pemandangan seluruh kota, cobalah menapaki sekitar 160 tangga di menara yang menjadi bagian dari Kastil Cesky Krumlov. Kamu juga bisa bersantai di kafe-kafe yang menempati bangunan dengan arsitektur abad pertengahan, plus menikmati pemandangan di sekitarnya.

Kamu tak boleh melewatkan juga untuk menelusuri lorong-lorong dan jalanan di tepi Sungai Vltava. Kamu bisa melangkah bebas tanpa tujuan di setiap sudut kota dan berhenti di tempat yang menarik hati. Setidaknya para pelancong butuh waktu dua hari untuk menikmati Cesky Krumlov.

3. Cesky Krumlov diakses dengan mobil sewaan hingga bus

Salah satu sudut di Kota Cesky Krumlov. (Foto: Pixabay/instagram.com/twinslaw)
Salah satu sudut di Kota Cesky Krumlov. (Foto: Pixabay/instagram.com/twinslaw)

Mencapai Cesky Krumlov tak sulit. Kamu bisa menyewa kendaraan dari Praha, Ibu Kota Ceko yang menjadi titik penerbangan internasional. Pejalanan dari praha dengan kendaraan sewaan adalah cara paling menyenangkan, meski harus mengeluarkan uang ekstra.

Hampir semua desa dan kota di Ceko punya daya tarik abad pertengahan buat para pelancong. Dengan berkendara sewa, kamu lebih bebas berhenti di mana pun tempat yang terlihat menarik sepanjang perjalanan.

Kamu juga bisa menggunakan kereta api dan bus dengan bujet lebih rendah dibanding cara pertama. Dari Praha, pilihlah tujuan Ceske Budejovice sekitar 3 jam perjalanan, baru kemudian bisa melanjutkan ke Cesky Krumlov sekitar 45 menit. Sebagai catatan, stasiun kereta ke pusat kota agak jauh, sehingga harus menyambung lagi dengan taksi.

Bus punya rute langsung dari Praha ke Cesky Krumlov. Terminalnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cesky Krumlov, dengan waktu tempuh 10-15 menit berjalan kaki. Nah, kalau bawaan kamu cukup berat, bisa dilanjutkan dengan taksi menuju hotel, baru kemudian mengelilingi kota Cesky Krumlov yang tak pernah membosankan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Destinasi Wisata Paling Romantis di Dunia Ini Impian Para Traveller


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH