Jelajahi Menu Street Food Bandung? Jangan Pulang Sebelum Coba Tiga Mie Ini Sajian Cwi Mie 87. (Foto: instagram.com/silvie_amey)

BANDUNG terkenal sebagai kota kuliner. Ada banyak tempat wisata kuliner apik di Kota Kembang, mulai dari yang tradisional hingga kuliner modern. Yang jelas, dunia kuliner Bandung dikenal dengan keunikannya.

Ada banyak makanan Kota Bandung terkenal. Nah, kalau kamu menghabiskan libur di sana, sajian mie salah satu yang patut dicoba di kota berjuluk Paris van Java (Parisnya Jawa) ini. Seenggaknya ada tiga mie terkenal yang di kota Bandung yang mesti kamu singgahi.

Sekilas, mie merupakan adonan berbahan dasar tepung terigu yang ditipiskan dan panjang kemudian digulung, dikeringkan serta dimasak dalam air mendidih. Kuliner yang diklaim berasal dari Italia, Tionghoa, dan Arab ini juga telah mengalami berbagai modifikasi dalam penyajiannya. Berikut adalah tiga sajian mi di Kota Bandung yang wajib dicicipi seperti dikutip dari Antara;

Mi Aquarius

Sajian Mie Aquarius, Kota Bandung. (Foto: instagram.com/snw_82)
Sajian Mie Aquarius, Kota Bandung. (Foto: instagram@snw_82)

Mie Aquarius terletak di Jalan Sultan Tirtayasa No 1, Bandung, tepatnya berasa berada di sebelah gedung Aquarius. Menu favorit yang sering dipesan oleh pengunjung adalah Lomie.

Lomie adalah sajian mi dengan kuah kental bercita rasa manis dengan aroma seafood dan diberi tambahan bakso, pangsit, kangkung, dan kulit sebagai pelengkap. Kuah lomie yang tersaji di Mie Aquarius ini khas karena selain dibuat dari aci, kuahnya diberi tambahan telur sebagai penambah rasa gurih.

Selain menjual Lomie, kedai ini juga menjual Mie Yamin Manis/Asin yang tak kalah lezatnya. Dibanderol dengan harga Rp 16.000 membuat kedai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Jam operasional Mie Aquarius, buka dari pukul 10.00 - 20.00 WIB, Senin - Minggu. Mie Aquarius juga bisa dipesan melalui layanan pesanan makanan online.


Cwi Mie 87

Cwi Mie 87. (Foto: instagram.com/makan_yuuuk)
Cwi Mie 87. (Foto: instagram@makan_yuuuk)

Pada tahun 2016, jagat dunia maya sempat dihebohkan dengan kabar penjual mi ganteng di Kota Bandung. Dia adalah Panji Akbar Nugraha, pemilik kedai mie khas Malang ini sudah beroperasi selama lima tahun.

Awalnya Cwi Mie 87 terkenal karena salah satu penjualnya yang memiliki wajah tampan. Tetapi ternyata rasa dari cwie mienya memang lezat. Disajikan dengan berbagai topping, seperti siomay, bakso, kulit ayam crispy, kikil sapi balado, ati ampela, telur puyuh, ceker ayam dan pangsit menambah kenikmatan yang begitu berkesan.

Cwie Mie 87 membanderol harga Rp 12.000 - Rp 20.000 tergantung topping yang dipesan. Cwie Mie 87 buka setiap hari, dari pukul 08.00 - 16.00 WIB.


Bakmi Lombok

Lomie dan Bakmi Lombok, Kota Bandung. (Foto: facebook.com/Letsgoeat)
Lomie dan Bakmi Lombok, Kota Bandung. (Foto: facebook.com/Letsgoeat)

Berlokasi di persimpangan Jalan Aceh dan Jalan Lombok, kedai Bakmi Lombok ini menyediakan sajian komplet dengan isian mie, kangkung, siomay, bakso, pangsit, kerupuk kulit dan juga kuah yang kaya akan rempah, tidak lupa juga ditambah dengan taburan bawang goreng dan jeruk limau.

Minyak yang lembut dan kuahnya yang kaya akan rempah menambah sensasi tersendiri ketika menyatapnya. Berbeda dengan Mie Aquarius, Kedai Bakmi Lombok ini hanya menjual lomie sebagai menu utamanya.

Lomienya dibanderol dengan harga Rp 21.000 untuk semangkok cukup besar. Bakmi Lombok buka setiap hari dari puku 10.00 - 17.00 WIB, dari hari Senin - Minggu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Saksang, Si Legendaris dari Tanah Batak

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH