Jelajahi Alam Liar Australia, 5 Tempat Hiking Ini Impian Para Petualang Sejati Cradle Mountain. (Foto: instagram.com/viktorposnov)

KALAU kamu pencita alam sejati, tentu menjajal trek hiking baru dan menantang akan sangat luar biasa. Di tanah air, banyak tempat hiking luar biasa yang bisa kamu coba. Setiap daerah punya destinasi unggulannya masing-masing.

Bagaimana dengan hiking di luar negeri? Australia tak boleh terlewatkan dalam lis kamu. Negeri tetangga ini sangat terkenal dengan garis pantai "liar", padang rumput dengan burung-burung, hutan hujan purba, pegunungan, ngarai, pokoknya pemandangan Australia sangat beragam.

Hiking merupakan cara terbaik untuk mengakses bagian paling terpencil dari belantara mistis Australia. Dikutip Booking.com, berikut adalah lima jalur terbaik untuk menjelajahi Australia.

1. Blue Mountains National Park, New South Wales

Blue Mountains National Park. (Foto: instagram.com/makaylagalbraith)
Blue Mountains National Park. (Foto: instagram.com/makaylagalbraith)

Taman nasional ini terdiri dari daratan tinggi, tebing batu, air terjun, dan ngarai terjal. Meski terdengan sangat liar, kawasan tersebut berjarak satu jam perjalanan dari Sydney.

Taman Nasional Blue Mountains meliputi ratusan ribu hektare dan merupakan bagian dari Great Dividing Range. Kamu bisa menjajal banyak tempat hiking, mulai dari 6 kilo meter jalur Grand Canyon Walk, melintasi sungai dan batu terjal, melintasi hutan dengan beragam flora fauna langka, atau kalau kamu lebih berpengalaman bisa trekking di National Pass.


2. Larapinta Trail, Northern Territory

Larapinta Trail. (Foto: instagram.com/venture_vista)
Larapinta Trail. (Foto: instagram.com/venture_vista)

Jalur jalan kaki sepanjang 223 km ini adalah salah satu dari keindahan dan keanekaragaman hayati Australia. Meskipun paling banyak diaksesn dengan tur karena sifatnya yang terpencil, kamu masih bisa mengalami solo travel selama dua minggu. Itu karena jalur dan marka jalan mudah setiap beberapa ratus meter.

Rute trekking dimulai di Alice Springs, melintasi Taman Nasional West MacDonnell, dan berakhir di lereng penuh pinus di Gunung Sonder. Kamu juga dapat menyaksikan keajaiban Simpson's Gap, sebuah jalur yang diapit oleh dua tebing oker raksasa. Tempat tersebut merupakan situs keramat bagi masyarakat Aborigin Arrernte Tengah.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH