Jelajah Kuliner Lampung, 5 Makanan Khas ini Wajib Dicoba Kue engkak khas Lampung. (Foto: instagram.com/drg_mariana)

LAMPUNG tak boleh terlewatkan ketika ingin menjelajahi kekhasan kuliner Pulau Sumatera. Lampung yang terletak di ujung selatan dan terpisah selat dengan Pulau Jawa memiliki olahan cukup beragam. Wajib diicip-icip para penggila makanan tradisional.

Dari sekian banyak makanan khas Lampung, beberapa sangat terkenal bahkan hingga ke luar daerah. Apa saja kuliner terkenal dari Lampung? Berikut merahputih.com sajikan 5 makanan khas yang wajib kamu coba ketika ingin menjelajahi kuliner Lampung.


1. Tempoyang

Tempoyang khas Lampung. (Foto: instagram.com/masakanindonesia1)
Tempoyang khas Lampung. (Foto: instagram.com/masakanindonesia1)

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil durian di Indonesia. Tak heran di Pulau Jawa misalnya, cukup mudah menemukan durian dari sana. Nah, kuliner tempoyang ini merupakan olahan durian khas dari Lampung dengan cara difermentasi. Tempoyang atau disebut juga tempoyak sejatinya olahan khas Melayu yang juga dapat ditemukan di Bengkulu, Palembang, Sumbar, Jambi, Kalimantan, hingga Malaysia.

2. Gulai taboh

Gulai taboh khas Lampung. (Foto: instagram.com/noerita82)
Gulai taboh khas Lampung. (Foto: instagram.com/noerita82)

Gulai taboh merupakan olahan ikan yang dimasak bersama santan. Terkadang orang-orang menyamakan gulai taboh daengan sayur lodeh khas dari Jawa Tengah. Hal itu karena gulai taboh juga dicampur banyak bahan sayur-sayuran, seperti kacang panjang, kacang merah, rebung, kol, dan kentang. Namun sebenarnya tak sama, karena terdapa ikan di dalamnya dan tentunya rasanya bumbu rempahnya berbeda.

3. Seruit

Seruit khas Lampung. (Foto: instagram.com/denatp)
Seruit khas Lampung. (Foto: instagram.com/denatp)

Seruit merupakan jenis sambal khas Lampung. Bahan-bahanya cukup sederhana, seperti bawang merah, cabai merah, terasi goreng, garam, dan gula pasir. Uniknya, bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan disiram dengan air panas sehingga menjadi berkuah. Masyarakat Lampung sering menjadikan ikan sebagai syarat untuk menikmati sambal seruit.

4. Kue engkak

Kue engkak khas Lampung. (Foto: instagram.com/miratul.azizah)
Kue engkak khas Lampung. (Foto: instagram.com/miratul.azizah)

Kue engkak merupakan kue Lampung yang sangat terkenal hingga ke daerah Palembang, Sumatra Selatan. Kue ini jenis lapis yang manis dan bertekstur lembut. Biasanya kue engkak dijadikan oleh-oleh para pelancong karena bertahan cukup lama.

5. Geguduh

Geguduh khas Lampung. (Foto: instagram.com/andre_rich2)
Geguduh khas Lampung. (Foto: instagram.com/andre_rich2)

Lampung sangat terkenal sebagai dengan makanan olahan pisangnya. Salah satu yang wajib kamu coba yaitu geguduh. Geguduh ini olahan pisang yang dicampur dengan terigu. Sekilas termasuk pisang goreng, namun dengan ciri khas tambahan susu sehingga memiliki citarasa sangat berbeda dengan goreng pisang daerah lain. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Berlomba-Lomba Gaet Kaum Milennial Lampung dengan Spot Instagramable

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH