Jeka Saragih Petarung Indonesia Pertama yang Dikontrak UFC

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 09 Februari 2023
Jeka Saragih Petarung Indonesia Pertama yang Dikontrak UFC
Jeka Saragih akan bertarung di AS. (Foto: UFC)

KABAR membanggakan datang dari atlet bela diri campuran asal Indonesia, Jeka Saragih. Ia secara resmi telah menandatangani kontrak kerja sama dengan UFC. Kabar itu pertama kali diungkapkan unggahan Mola Sport melalui akun media sosial Instagram mereka.

Dalam unggahan yang dibagikan pada Kamis (9/2) tersebut, terdapat momen penandatanganan kontrak oleh Jeka Saragih dengan UFC. Kesepakatan kerja sama itu merupakan sejarah baru karena Jeka merupakan petarung asal Indonesia pertama yang sukses berlaga di UFC.

"Jeka Saragih dan manajernya, Graham Boylan, telah menandatangani kontrak lima pertandingan dengan UFC, menjadikan Jeka petarung pertama dari Indonesia di UFC," kata Mola Sport dalam pernyataan mereka.

Baca juga:

Beringas, Jeka Saragih Tumbangkan Petarung India di Road to UFC Singapura

Jeka Saragih sempat dua kali tumbangkan lawannya. (Foto: UFC)

Kabar ini cukup mengejutkan karena pada laga terakhirnya pada Minggu, 5 Februari lalu, Jeka Saragih gagal menang melawan wakil India, Anshul Jubil. Pada laga final Road to UFC di Las Vegas, Amerika Serikat, Jeka kalah TKO di babak kedua yang membuat Jubil tampil sebagai pemenang.

Meski kalah dari Jubli, Jeka tetap mendapat kontrak tarung dari UFC karena menilai potensi besar Jeka dan pasar MMA di Indonesia.

"Meski Jeka kalah di final Road to UFC, UFC tetap menawarkan kontrak kepadanya berdasarkan kemampuan menang KO-nya di babak sebelumnya. Jeka selanjutnya akan berlatih di Amerika Serikat untuk debutnya," tulis keterangan resmi Mola.

Baca juga:

Luluk Diana Sabet Gelar Juara Dunia Angkat Besi Remaja IWF 2022

Jeka Saragih memiliki rekor 13-3 kemenangan di MMA profesional. Pada Road to UFC, dia menang dua kali dengan KO dengan cara yang spektakuler dan kalah sekali dengan TKO. Ia dikenal memiliki pukulan yang kuat. Ini diyakini menjadi alasan mengapa UFC menawarinya kesempatan lagi.

Dua kemenangan KO Jeka Saragih ini didapat dengan cara yang tidak biasa nan impresif. Dua-duanya lewat pukulan (kemenangan KO pertamanya lewat pukulan berputar), yang diyakini banyak orang sangat menggoda UFC untuk memberinya kesempatan masuk ke UFC.

“Untuk masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara, Siantar, Simalungun, mohon doa dan dukungannya untuk pertarungan saya nanti di UFC, Horas!” ucap Jeka Saragih.

Sebelum takluk di edisi final melawan Anshul, Jeka sempat menumbangkan petarung asal India di babak pertama, Pawan Maan Singh. Pembuktian selanjutnya dengan memupuskan harapan petarung asal Korea Selatan di semifinal UFC 280, Ki Won-bin. (waf)

Baca juga:

UFC Akan Selenggarakan Pertarungan di Pulau Yas

#Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan