Mengintip Perjalanan Timnas Denmark, Negeri Dinamit Skandinavia di Piala Dunia Timnas Denmark merayakan kemenangan saat menjuarai Piala Eropa 1992. (Metrotvnews.com)

SEPANJANG perjalanan menuju Piala Dunia 2018, timnas Denmark boleh dikatakan mendapatkan hasil tak begitu memuaskan. Pada fase penyisihan, negara berjuluk Tim Dinamit itu hanya mampu menang 2 kali, seri 2 kali, dan kalah 1 kali.

Kemenangan tim besutan Age Hareideterjadi saat Denmark melawan Meksiko dan Panama, masing-masing dengan skor 2-0 dan 1-0. Sedangkan hasil seri didapat kala mereka berjumpa Chile dan Swedia dengan skor sama 0-0. Sementara, satu kekalahan diderita saat berhadapan Yordania dengan skor akhir 2-3.

Timnas Denmark. (FIFA.com)

Meski demikian, keberhasilan timnas Denmark melangkah di ajang terbesar sepakbola di dunia tersebut menambah catatan keikutsertaanya di Piala Dunia. Sebelumnya, Denmark berhasil berpartisipasi pada 1986, 1998, 2002, dan terakhir 2010.

Prestasi terbaik Denmark di ajang Piala Dunia terjadi pada gelaran Piala Dunia 1986 di Meksiko. Kala itu Tim Dinamit mampu berlaga hingga perempat final.

Pada 1998, Denmark berhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan Brasil, kemudian pada Piala Dunia 2002, Brian Laudrup dkk dihentikan Inggris di fase serupa.

Timnas Denmark merayakan kemenangan saat menjuarai Piala Eropa 1992. (FIFA.com)

Sementara itu, prestasi Tim Dinamit di kancah internasional yang paling diingat yakni kala mereka menjuarai Piala Eropa 1992. Padahal, saat itu tim yang dilatih oleh Moller Nielsen sama sekali tak diunggulkan. Bahkan, Denmark mengikuti Piala Eropa 1992 sebagai pengganti Yugoslavia yang mengundurkan diri karena perang saudara. Selain itu, Denmark juga pernah menjadi juara Piala Konfederasi 1995. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH