Gempa Donggala

Jejak Digital Reaksi Jokowi Ketika Tahu Tsunami Palu

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Sabtu, 29 September 2018
Jejak Digital Reaksi Jokowi Ketika Tahu Tsunami Palu
Status Instagram Presiden Jokowi

MerahPutih.com - Indonesia kembali berduka setelah gempa 7,7 SR menghantam Donggala Sulawesi Tengah yang memicu Tsunami di Kota Palu, kemarin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sigap bereaksi.

Apa yang langsung dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu terungkap dalam jejak digital melalui statusnya yang diunggah di akun resmi instagram Kepala Negara, @jokowi, seperti yang dikutip Sabtu (29/9).

Hampir 14 jam lalu begitu gempa 7,7 SR terjadi, Jumat (28/9) petang, akun @Jokowi langsung mengunggah status dengan foto yang menunjukkan titik pusat gempa. Dalam foto itu, Presiden menyatakan memantau perkembangan gempa dan telah menyiagakan anak buahnya, serta mendoakan keselamatan bagi warga Sulawesi Tengah.

jokwi insta
Status pertama Presiden Jokowi di Instragram terkait gempa Donggala

"Menjelang maghrib tadi, gempa bumi yang cukup keras mengguncang wilayah Sulawesi Tengah dan terasa sampai ke daerah sekitarnya. Saya memantau dan menyiagakan seluruh jajaran pemerintah yang terkait untuk menghadapi segala kemungkinan pasca gempa bumi.

"Mari, mendoakan saudara-saudara kita di sana, semoga tetap tenang dan dalam keadaan selamat."

Jejak kedua terpantau Sabtu pagi. Presiden mengunggah status kedua di akun resminya lagi. Kali ini, Jokowi mengisahkan apa yang langsung dilakukannya ketika mendengar kabar bencana gempa bumi yang terjadi kemarin.

tsunami palu
Tsunami yang terjadi di Palu akibat gempa bumi di Donggala Sulawesi Tengah.

Berikut kisah Kepala Negara yang disampaikan melalui statusnya:

"Sesaat setelah mendapat kabar terjadinya gempa bumi di Donggala, Kota Palu, dan sekitarnya, kemarin sore, saya menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah melalui telepon. Tapi gagal. Sambungan komunikasi ke Palu terganggu. Informasi saya terima dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, meskipun belum semuanya.

Saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan jajarannya, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini: melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan, selekas mungkin.

Sejak semalam, mereka sudah menuju lokasi terdampak gempa dan tsunami. Semoga hari ini kita sudah mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai kondisi di lapangan.

Saya dan kita semua, ikut berduka cita atas jatuhnya korban setelah terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini. Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada.

Kita berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini dapat kita lalui dan dampaknya kita selesaikan bersama." (*)

#Jokowi #Palu #Instagram
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan