Jeff Bezos ke Luar Angkasa Bareng Pilot Perempuan Lansia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 07 Juli 2021
Jeff Bezos ke Luar Angkasa Bareng Pilot Perempuan Lansia
Jeff Bezoz ke luar angkasa akhir Juli ini. (Foto: Quartz)

PENDIRI Amazon Jeff Bezos akan bergabung dengan pilot perempuan lansia pada penerbangan awak pertama ke luar angkasa dari perusahaan roketnya Blue Origin akhir Juli ini. Pilot tersebut yaitu Wally Funk, salah satu dari 13 perempuan yang lulus program pelatihan astronaut NASA pada 1960-an.

"Funk yang kini berusia 82 tahun, akan menjadi orang tertua yang pernah melakukan perjalanan ke luar angkasa," kata Blue Origin dalam sebuah pengumuman pada pekan lalu seperti diberitakan reuters.com (3/7).

Baca juga:

5 Hal ini Bisa Dilakukan Jeff Bezos dengan Rp2,7 Ribu Triliunnya

"Saya tidak berpikir saya akan pernah naik," kata Funk dalam sebuah wawancara video yang diposting di situs web perusahaan Blue Origin.

Funk yang kini berusia 82 tahun, akan menjadi orang tertua yang pernah melakukan perjalanan ke luar angkasa. (Foto: theguardian.com)

Funk, ketika berusia 21 tahun menjadi pilot termuda dari 13 perempuan yang lulus pengujian ketat yang sama seperti astronaut pria Mercury Seven dalam program NASA yang pertama kali mengirim orang Amerika ke luar angkasa antara tahun 1961 dan 1963. Kala itu, perempuan belum diberi kesempatan untuk menjadi astronaut sendiri karena jenis kelamin mereka.

Pada tahun 1961, Wally Funk berada di peringkat teratas di kelasnya sebagai bagian dari "Mercury 13" Woman in Space Program. Meskipun menyelesaikan pelatihan mereka, program itu dibatalkan, dan tidak satu pun dari 13 orang kandidat tersebut yang terbang.

Selanjutnya, dia adalah perempuan pertama yang menjadi instruktur penerbangan di pangkalan militer AS. Dia juga menjadi perempuan pertama yang menjadi penyelidik keselamatan udara untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Baca juga:

Jeff Bezos Kembali Sabet Gelar Orang Terkaya di Dunia

Dia akan bergabung dengan saudara laki-laki Bezos, Mark, dan pemenang lelang di atas roket New Shepard. (Foto: firstpost.com)

Dia akan bergabung dengan saudara laki-laki Bezos, Mark, dan pemenang lelang di atas roket New Shepard saat meluncur lebih dari 100 km di atas Bumi ke ruang suborbital. Penumpang akan mengalami beberapa menit tanpa bobot dan dapat mengagumi kelengkungan planet melalui jendela pandang sebelum kapsul penumpang bertekanan kembali ke bumi di bawah parasut.

Bezos, orang terkaya di planet ini, mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Amazon.com Inc pada 5 Juli. Dia telah bersaing dengan sesama miliarder Elon Musk dan Richard Branson untuk menjadi orang pertama melakukan perjalanan ke luar angkasa melalui roket yang dikembangkan secara pribadi. (aru)

Baca juga:

Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

#Jeff Bezos #Selebritas #Luar Angkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan