Jeep Willys CJ2A, Kendaraan Setia Jenderal Soedirman untuk Bergerilya (Istimewa)

SEJAK ditemukannya pada abad ke 17, mobil memang menjadi alat yang sangat membantu manusia dalam berbagai hal, seperti mengangkut barang, sebagai alat transportasi hingga menjadi peralatan perang.

Di Indonesia sendiri banyak mobil bersejarah yang menemani para pejuang untuk mendapatkan kemerdekaan. Salah satunya adalah mobil yang dipakai Jenderal Soedirman yakni Jeep Willys. Anda bisa melihat kendaraan ini di Museum Satria Mandala di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

(sebelasipadualabsky.blogspot.co.id)

Jeep Willys ini sangat berharga bagi Jenderal Soedirman karena menjadi kendaraan yang menemaninya saat bergerilya di tahun 1948 - 1949. Hingga akhirnya mobil ini diberikan sebagai hadiah ke dokter pribadinya Jenderal Soedirman yakni Dr. Koesen Hirohoesodo, SPOG.

Mengenai mobil jenis mobilnya, mobil yang dimiliki Jenderal Soedirman adalah Jeep Willys CJ2A. Mobil ini bertipe CJ atau Civilian Jeep yang memang dikhususkan untuk masyarakat sipil.

(sebelasipadualabsky.blogspot.co.id)

Jeep Willys CJ2A diproduksi oleh Willys-Overland Motor, sebuah peruahaan mobil Amerika. Jeep yang menggambarkan harapan warga Amerika pasca perang ini diproduksi sekitar tahun 1945 hingga 1949. Berdasarkan catatan sejarah selama kurun waktu empat tahun, mobil Jeep Willys CJ2A diproduksi sebanyak 214.760 mobil.

Sejak dipindah tangankan, mobil Jeep Willys milik Jenderal Soedirman terus disimpan oleh keluarga Dr. Koesen Hirohoesodo, SPOG. Hingga akhirnya tahun 2006 Jeep ini diserahkan pihak keluarga dokter ke Museum Satria Mandala. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Fakta di Balik Penulisan Berita Proklamasi



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH