Jazz Traffic Festival Kembali Digelar Tanggal 18-19 Agustus Mendatang (jazztraffic.com)

FESTIVAL "Jazz Traffic" akhirnya kembali digelar. Di tahun ini, festival "Jazz Traffic" 2017 akan mengusung tema "Souls of Freedom" atau "Kemerdekaan Jiwa" yang diagendakan berlangsung selama dua hari setelah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, 18-19 Agustus di Surabaya.

Penggagas Jazz Traffic Festival (JTF), Errol Jonathans, menjelaskan tema tersebut diambil dari kata "Jazz Stands for Freedom" yang merupakan opini dari pianis dan komposer musik jazz Dave Brubeck.

"Kami ingin menarik benang merah tapak sejarah seperti opini 'Jazz Stands for Freedom' oleh pianis dan komposer jaz Dave Brubeck," katanya lagi.

Meski mengusung label jazz, festival yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2001 itu menyediakan panggung bagi genre musik pop, rock, etnik, hingga musik yang sekadar beraroma jazz dan ekstrak jazz murni.

"Tentu saja porsi musik jazz tetap lebih kental di JTF 2017. Inilah keistimewaan JTF untuk memerdekakan selera khalayak yang leluasa memilih artis favoritnya," ujarnya pula.

Nantinya sejumlah musisi ternama juga turut hadir dalam festival seperti Indra Lesmana Keytar Trio yang akan mewakili genre "jazz mainstream", Yura Yunita akan tampil mewakili genre "fusion jazz", serta Virgoun dan Sheila On 7 mewakili genre "nonjazz".

"Juga banyak penampilan generasi baru dalam dunia musik jazz yang pendekatannya tidak lagi semata-mata mengandalkan 'jazz mainstream' , tapi juga kreasi mereka yang disesuaikan dengan generasi kekinian," kata Errol pula. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Festival Kopi Mandiri Jadi Alat Perkenalan dan Pengembangan Produk Kopi



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE