Musik
Jaz Rilis Lagu yang Sempat Ditolak Label Rekaman Jaz rilis lagu (Sumber: Sony Indonesia)

MENGAWALI tahun 2022, para pencinta musik Tanah Air akan kembali dihibur oleh lantunan suara merdu Jaz. Pria kelahiran Brunei Darussalam, 5 Maret 1993 tersebut meluncurkan single terbarunya berjudul Benar Orang Bilang. Bekerja sama dengan salah satu musisi Indonesia, Dimas Wibisana, Jaz masih tetap mengusung musik bergenre pop, seperti yang selama ini sudah sangat akrab di telinga para pendengarnya.

Meski baru dirilis di 2022 ini, namun Benar Orang Bilang bukanlah lagu baru bagi Jaz. Lagu ini ia ciptakan bersama temannya saat masih di Brunei. "Lagu Benar Orang Bilang sudah cukup lama aku ciptakan bersama temanku, Kay Moksin. Aku yang menulis lirik dan dia yang membuat melodi gitar," ujarnya.

Baca Juga:

Tiara Andini dan Vidi Aldiano Bawa Penyegaran Baru untuk Lagu 'Buktikan'

Dirinya mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu lagu yang sempat jadi kandidat untuk single pertamanya di Indonesia. Namun dari sekian demo yang ia kirimkan, yang terpilih adalah lagu berjudul Dari Mata.

"Lagu ini pun sempat terlupakan. Lalu, saat sedang mencari lagu untuk single pertamaku di tahun 2022, aku teringat dengan lagu-lagu lamaku, salah satunya Benar Orang Bilang ini. Saat dikirim ke label, lagu ini ternyata disukai dan akhirnya terpilih jadi single terbaruku," urainya. Dengan adanya lirik dan melodi gitar dari penciptaan awal, Jaz pun tidak butuh waktu lama dalam proses pengerjaannya di studio rekaman. Dimas Wibisana pun melengkapi dari segi aransemen musik.

Jaz
Jaz kembali rilis lagu lama (Sumber: Sony Music)

"Aku senang bisa bekerjasama dengan Dimas, salah satu musisi yang musiknya aku suka dan cocok di telingaku. Dari sekadar melodi gitar, dialah yang melengkapi bagian musiknya. Dengan sentuhan Dimas, aku yakin, lagu ini akan semakin enak didengar. Versi baru ini membuatku teringat dengan lagu-lagu lamaku. Kalau sebelumnya hanya berupa gitar dan lirik, kali ini sudah lengkap karena ada musiknya. Jadi, pasti jauh berbeda."

Baca Juga:

Gandeng Rian D'Masiv, Fatin Shidqia Rilis Lagu 'Ingin Bertemu Lagi'

Lewat Benar Orang Bilang, Jaz berharap lagu ini dapat terhubung ke banyak orang karena menggambarkan gejolak perasaan cinta di masa muda yang pada akhirnya harus berakhir. Inspirasinya sendiri muncul dari hubungan yang dia jalani saat masih berusia remaja.

“Bisa dibilang, lagu ini menceritakan tentang cinta pertamaku. Aku pernah pacaran sampai lima tahun di usia yang muda, sekitar 15-16 tahun. Jadi, orang tua mantanku itu agak keberatan dengan hubungan kami karena dianggap masih terlalu muda. Setelah lima tahun, kami pun memutuskan untuk pisah dulu. Jadi, lagu ini menggambarkan momen saat kami pisah. Mungkin, mereka yang pernah mengalami cinta pertama seperti aku bisa relate dengan lagu ini.”

Meski tidak mengubah genre musiknya secara keseluruhan, namun Jaz merasakan ada sedikit perbedaan di lagu terbarunya yang nanti berpuncak pada album kedua, Transisi. "Aku banyak bereksplorasi di single-single terbaruku, sesuai dengan album keduaku nanti yang berjudul Transisi. Jadi, memang ada perubahan meski pun tidak drastis. Kalau dulu, lagu Jaz itu ‘kan lebih banyak musik yang riang. Untuk albumku nanti, aku mencoba musik yang sedikit berbeda dari genre sebelumnya, misalnya balada. Aku juga berkolaborasi dengan sebuah band. Tunggu saja bagaimana hasilnya nanti.”

Jaz
Lagu terbaru Jaz (Sumber: Sony Indonesia)

Seperti biasa, Jaz berharap bahwa single ini bisa diterima oleh seluruh pencinta musik, lokal hingga luar Indonesia. “Aku tidak berharap terlalu tinggi untuk single ini, yang penting bisa diterima oleh seluruh penikmat musikku dan mungkin juga memikat orang- orang baru yang belum pernah mendengar Jaz. Doakan juga semoga album keduaku bisa segera rilis dan aku bisa terus berkarya dengan menghasilkan musik-musik yang bisa dinikmati siapa pun, tanpa terkecuali.”

Single terbaru Jaz sudah bisa didengar di platform musik digital mulai 4 Februari 2022. (avia)

Baca Juga:

Fatin Shidqia Hadirkan Sejumlah Kejutan Akhir Tahun

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Karya Terbaru Grup K-pop di Januari 2022
ShowBiz
4 Karya Terbaru Grup K-pop di Januari 2022

Para grup K-pop sudah siap berkarya di 2022.

Kiat Move On dari Kegagalan Hubungan dan Mantan
Fun
Kiat Move On dari Kegagalan Hubungan dan Mantan

Kenyataannya ialah kita semua memiliki kemampuan luar biasa untuk bangkit kembali.

Derai Rilis Single 'In My Blood', Selipkan Musik ala Jaksel
ShowBiz
Derai Rilis Single 'In My Blood', Selipkan Musik ala Jaksel

In My Blood mengeskpresikan kerinduan, harapan, dan cinta.

Tetap Sehat saat Musim Hujan
Fun
Tetap Sehat saat Musim Hujan

Musim hujan harus tetap jaga kesehatan.

Kejutan, Benny Blanco Ungkap Kolaborasi bersama BTS dan Snoop Dogg
ShowBiz
Empat Kota Jadi Kota Kreatif, Indonesia Siap Jadi Pusat Kreatif Dunia
Fashion
Empat Kota Jadi Kota Kreatif, Indonesia Siap Jadi Pusat Kreatif Dunia

Kualitas yang menjadi syarat Indonesia menjadi penguasa dunia.

5 Tahun setelah Akui Pelecehan Seksual, Komika Louis CK Menangi Grammy
ShowBiz
Kisah Kesilapan Sir William Henry Perkin Menghasilkan Warna Ungu
Hiburan & Gaya Hidup
Kisah Kesilapan Sir William Henry Perkin Menghasilkan Warna Ungu

Warna ungu amatlah berharga sebagai simbol bagi keluarga kerajaan ataupun bangsawan.

Harus Tahu, 3 Fakta Nikotin
Hiburan & Gaya Hidup
Harus Tahu, 3 Fakta Nikotin

Terdapat pada rokok dan produk tembakau alternatif.

Olivia Colman dapat Tato Pertama dari Dakota Johnson
ShowBiz
Olivia Colman dapat Tato Pertama dari Dakota Johnson

Dakota Johnson dapat menambahkan profesi seniman tato ke dalam resumenya.