Musik
Jaz Rilis 'Cause You’re My Schatzi', Single Teranyar untuk Album 'Transisi' Jaz rilis album kedua bertajuk Transisi. (Foto: Siaran Pers Sony Music)

PENYANYI Jaz merilis album keduanya berjudul Transisi dan memperkenalkan single berjudul Cause You’re My Schatzi, Jumat (13/5). Single tersebut merupakan hasil kolaborasi terbaru Jaz dengan Ari Lesmana dan Andy Armand dari Fourtwnty.

"Tiba-tiba, aku diajak ke studionya (Fourtwnty) untuk mendengarkan mereka menyanyikan lagunya secara live sebagai pengganti demo. Rasanya sulit digambarkan. Akhirnya, mereka menyuruh aku untuk mencoba menyanyikan lagu itu,” kata Jaz.

Meski awalnya masih meraba-raba bagaimana cara membawakan Cause You’re My Schatzi dengan caranya sendiri, Jaz berhasil menemukan gaya bernyanyi seperti apa yang ingin dia terapkan pada lagu ini karena genrenya memang tidak jauh berbeda dari lagu-lagu Jaz sebelumnya, yaitu pop dengan sedikit sentuhan akustik.

Baca juga:

Damon Koeswoyo Rilis Ulang Lagu Koes Plus, 'Biarlah Ini Terjadi'

Jaz Rilis 'Cause You’re My Schatzi', Single Teranyar untuk Album 'Transisi'
Jaz bekerjasama dengan Ari Lesmana dan Andy Armand untuk single teranyarnya. (Foto: Siaran Pers Sony Music)

“Sebenarnya, lagu ini sudah diciptakan Ari dan Andy dari 2007 dan baru mendapat kesempatan untuk dirilis di 2022. Proses rekamannya sendiri juga sudah dilakukan di 2020. Di antara semua laguku, Cause You’re My Schatzi adalah lagu dengan proses take vocal terlama, mulai dari setelah Maghrib sampai jam 03.00 pagi," ujar Jaz.

"Tapi, hasilnya malah tidak dipakai dan kita take lagi di hari yang berbeda. Di lagu ini, sebagai penulis lagu, Ari juga bertindak sebagai pengarah vokal dan cukup perfeksionis. Tapi, itulah yang aku suka darinya. Ini memberi pengalaman baru bagiku.” lanjutnya.

Mengenai tanggapan penggemar, Jaz pun tidak berekspektasi macam-macam. Yang penting, dia nyaman dengan lagu yang dibawakan. Selain itu, Jaz juga yakin bahwa penikmat musiknya akan terus menunggu inovasi baru darinya karena ia tidak mau bermain di zona nyaman.

Niat untuk keluar dari zona nyaman inilah yang menjadi tema album kedua, Transisi. Di mata Jaz, kata ‘transisi’ yang ia pilih sebagai judul album mewakili banyak perubahan, baik dalam kehidupannya atau pun industri musik yang terus berkembang, misalnya dengan munculnya berbagai platform musik digital yang semakin memudahkan masyarakat untuk menikmati musik.

Baca juga:

Kolaborasi Kedua Yellow Claw dan Weird Genius Hasilkan 'Lonely'

“Melalui Transisi aku ingin memperlihatkan perubahan yang telah terjadi dalam karier bermusikku. Di album pertama, Sinergi, aku belum tahu apa-apa dan bisa dibilang tidak banyak terlibat dalam proses kreatifnya. Tapi, di album kedua ini, aku lebih banyak andil," katanya.

"Semua transisi itu aku dapat dari bertemu banyak orang, contohnya musisi yang sudah lama berkarier, dan belajar dari pengalaman mereka. Di album ini sendiri, aku banyak dapat bantuan dari sesama musisi, seperti Asta RAN, Handy Soulvibe, Bona Pascal, Ari Lesmana Fourtwnty, Eka Gustiwana, grup Lalahuta, dan salah satu temanku dari Brunei yang sudah membantuku sejak awal karier,” sambungnya.

Album Transisi berisi total delapan track. Empat di antaranya sudah dirilis, yaitu Sedang Jatuh Cinta, Lucky Ones, Aku Butuh Kamu, Benar Orang Bilang, disusul Cause You’re My Schatzi sebagai single kelima. Selain Sedang Jatuh Cinta, empat single lainnya sudah dibuatkan video klip dan punya jalan cerita yang nyambung satu sama lain.

Jaz berharap para pendengarnya bisa menerima album Transisi ini dengan baik dan merasa punya single 'jagoan' baru untuk dinikmati dan relate dengan kehidupan mereka, layaknya beberapa hits Jaz di Sinergi. (*)

Baca juga:

Soundwave Hadirkan Single Baru 'Love Me, You Do'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jurusan Kuliah Paling Bernilai di 2021
Fun
Jurusan Kuliah Paling Bernilai di 2021

Jangan sembarangan pilih jurusan kuliah.

Pemkot Solo Uji Coba Angkutan BST Ramah Difabel
Fun
Pemkot Solo Uji Coba Angkutan BST Ramah Difabel

Bus ini bakal beroperasi di jalur Batik Solo Trans (BST) Koridor 1.

Agen Baru, Chamber, Siap Beraksi di VALORANT
Fun
Agen Baru, Chamber, Siap Beraksi di VALORANT

Chamber akan membuat variasi agen lebih luas pada Episode 3 Act 3 di VALORANT.

Pakar: Pil COVID-19 Bukan Pengganti Vaksin
Fun
Pakar: Pil COVID-19 Bukan Pengganti Vaksin

Dokter memperingatkan orang-orang yang ragu-ragu tentang vaksin untuk tidak menyamakan manfaat dari pengobatannya.

Suka dan Duka Bisnis Makanan
Hiburan & Gaya Hidup
Suka dan Duka Bisnis Makanan

Kamu harus memiliki ambisi yang tak pernah padam serta hati yang lapang.

Empat Drama Korea Terbaru yang Tayang Eksklusif di iQiyi
Fun
Empat Drama Korea Terbaru yang Tayang Eksklusif di iQiyi

Empat drama Korea ini siap membuat penonton terbawa suasana.

Mengenal Mi Shirataki dan Manfaat untuk Tubuh
Fun
Mengenal Mi Shirataki dan Manfaat untuk Tubuh

Mi shirataki terbuat dari akar tanaman konjac atau konnyaku yang umum tumbuh di Jepang, China, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Fashion tak Masuk Akal ala Leading Lady Drakor
Fashion
Betapa Pentingnya Indera Penciuman Menilai Kelezatan Makanan
Hiburan & Gaya Hidup
Betapa Pentingnya Indera Penciuman Menilai Kelezatan Makanan

Maka, jangan sekali-kali mengecilkan peran indera penciuman saat menyantap hidangan

Biarkan Dilan yang Menanggung Rindu
Fun