Jayapura Kembali Normal, Warga Padati Pasar Hingga Pertokoan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 31 Agustus 2019
Jayapura Kembali Normal, Warga Padati Pasar Hingga Pertokoan
Aktivitas di Pasar Sentral Hamadi kembali normal. (ANTARA/Evarukdijati)

Merahputih.com - Berakhirnya demo anarkis di Jayapura membuat aktivitas ibukota provinsi Papua itu menjadi normal kembali. Warga sudah mulai memadati pasar baik itu pasar sentral maupun pasar pagi Paldam, termasuk tempat pelelangan ikan (TPI) Hamadi.

Sebagian besar lapak pedagang nampak mulai ramai seperti biasa, dan pedagang sibuk menggelar barang dagangannya.

Baca Juga:

Pemuda Papua Sepakat Tolak Aksi yang Ingin Memisahkan Diri dari Indonesia

“Alhamdulillah, kami sudah bisa berjualan dengan walaupun stok sayur yang dijual masih terbatas karena pengiriman dari petani terbatas,” ujar Ningsih, salah satu pedagang yang berjualan di pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan.

papua
Gedung Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura tampak terbakar. Foto diambil dari salah satu hotel di Jayapura. (Antaranews/Hendrina Dian Kadapi)

Selain pasar, pertokoan di Jayapura, Papua yang tidak terkena dampak mulai buka. Sedangkan yang terdampak, seperti dibakar atau dilempari, terlihat mulai dibersihkan dari puing-puing.

"Kami belum bisa membuka toko, karena bagian depan toko termasuk yang dirusak dan dibakar," kata Martha, pramuniaga di salah satu toko yang berlokasi di Entrop seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Redam Ketegangan, Freddy Numberi Sampaikan Pesan kepada Warga Papua

Kawasan pertokoan di Entrop, termasuk wilayah terparah yang terdampak akibat aksi anarkis yang dilakukan para pendemo. Puluhan ruko dibakar dan dirusak, demikian pula kendaraan baik roda dua dan empat yang diparkir di depan ruko. (*)

#Demo Rusuh #Papua
Bagikan
Bagikan