Jawaban Tegas Ketum PSSI soal Masa Depan Shin Tae-yong

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 31 Desember 2021
Jawaban Tegas Ketum PSSI soal Masa Depan Shin Tae-yong
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong. Foto: ANTARA/Michael Siahaan

MerahPutih.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan dievaluasi pasca gelaran Piala AFF 2020. Hal ini disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Namun, Iriawan menjelaskan evaluasi yang dilakukan PSSI kepada pelatih asal Korea Selatan itu merupakan hal yang wajar. Sebab, ia ingin mengetahui apa yang terjadi dengan skuad Garuda di Piala AFF 2020.

Baca Juga

Situs PSSI Diretas Usai Timnas Kalah, Iwan Bule Bakal Tindaklanjuti

"Saya bingung banyak sekali pertanyaan tentang evaluasi STY. Apa sih arti evaluasi? Evaluasi itu bukan mengganti. Kami mendalami kembali apa yang sudah dilakukan untuk kami mapping atau mencari akar permasalahannya," ucap Iriawan dalam keterangannya di Bogor, Kamis (30/12).

"Kenapa kok menang, kenapa kok kalah. Itu wajar. Saya pun mempertanggungjawabkan program kerja ke voters. Itu namanya evaluasi kinerja ketua umum. Itu wajar," katanya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, ini bukan kali pertama PSSI mengevaluasi kinerja Shin Tae-yong. Sebelumnya, federasi juga melakukan evaluasi atas hasil kerja Shin Tae-yong di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Thailand, lalu kalah dari Vietnam (0-4) dan Uni Emirat Arab (0-5). Tim Merah Putih mengakhiri babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 di posisi juru kunci Grup G dengan poin satu.

"Waktu Kualifikasi Piala Dunia kalah kan beberapa kali. Ditanya kenapa bisa kalah, apa saja, nanti saat pulang akan tetap kami evaluasi," tutur Iriawan.

Iriawan mengatakan sebagai Ketua PSSI dirinya mengapresiasi pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2020 padahal tim Merah-Putih tidak diunngulkan bisa melaju sejauh ini. Di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong memang membawa mayoritas pemain muda.

"Target dia sebenarnya bukan final, tapi semifinal sudah bagus tadinya. Tapi saya minta ke final, minta juara, wajar ketua umum begitu. Supaya apa, supaya fighting spirit anak-anak tinggi."

"STY (Shin Tae-yong) kami kontrak 4 tahun dengan diperpanjang setiap tahun. Itu ada program yang berkesinambungan. Yang tidak serta merta secara instan Timnas harus bagus. STY bukan pesulap, betul. Dia pelatih, jadi tidak mungkin secara instan bisa melakukannya (juara) apalagi kemarin kompetisi tidak ada," pungkasnya. (Bolaskor)

Baca Juga

Daftar Top Skorer Sementara Piala AFF 2020: Dominasi Thailand

#Shin Tae-yong #PSSI #Iimnas Indonesia #Mochamad Iriawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan